Bandel! Bule Diturunkan dari KRL Gegara Enggan Pakai Masker

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Minggu, 04 Okt 2020 15:46 WIB
PT KCI mendata adanya penurunan jumlah penumpang KRL. Hal itu terjadi setelah adanya imbauan untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan serta kerja dari rumah.
Ilustrasi KRL (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Petugas KRL menurunkan seorang pria warga negara asing (WNA) gara-gara bandel selalu melepaskan masker. Bule pria ini sempat berdebat dengan petugas KRL.

"Petugas menegakkan aturan wajib menggunakan masker di seluruh stasiun dan KRL terhadap seorang pengguna berkewarganegaraan asing pada Kamis, 1 Oktober 2020," kata VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba, dalam keterangannya, Minggu (4/10/2020).

Anne menggambarkan kejadian dan sikap bule pria itu yang enggan memakai masker meski sudah ditegur berkali-kali. Petugas sebenarnya sudah meminta bule itu memakai masker sejak hendak memasuki gerbong KRL.

"Pengguna tersebut awalnya hendak masuk Stasiun Gondangdia sekitar pukul 18.10 WIB, namun tidak menggunakan masker sehingga petugas memintanya untuk memakai masker sebelum diizinkan masuk," ucap Anne.

Bule ini memakai masker setelah ditegur saja. Masker yang diwajibkan di transportasi umum untuk mencegah penyebaran COVID-19 ini dilepaskannya lagi.

"Pengguna KRL tersebut kemudian mengambil masker dan memakainya. Namun, saat menunggu kereta tujuan Bogor di peron 2, ia kembali melepas masker. Petugas Stasiun Gondangdia kemudian memintanya kembali menggunakan masker jika hendak naik kereta," kata Anne.

"Meski sempat berargumen, pengguna tersebut kemudian mengikuti arahan petugas dan kembali memakai masker," imbuh dia.

Sesaat naik KRL, dia malah membuka masker lagi. Karena itu, petugas menurunkan bule pria yang bandel enggan memakai masker.

"Saat berada di dalam kereta KA 1192 tujuan Bogor, penumpang yang sama kembali melepas masker. Petugas pengawalan kereta kemudian memintanya mengenakan masker, tapi yang bersangkutan menolak. Sesampainya di Stasiun Cikini sekitar pukul 19.16 WIB, petugas menurunkan pengguna tersebut dari kereta karena tidak mau mengikuti protokol kesehatan yang ada," jelas Anne.

Tonton juga 'Kesadaran Jaga Jarak Rendah, Yuk Disiplin Mulai dari Diri Sendiri':

[Gambas:Video 20detik]

(gbr/knv)