SIDAK 2 Oktober: 6 Berita Aktual Hari Ini

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Jumat, 02 Okt 2020 22:54 WIB
Sepekan terakhir ini dunia informasi media ramai diwarnai oleh berita perang antara Armenia dan Azerbaijan hingga Donald Trump dinyatakan positif Corona.
Presiden AS Donald Trump (Foto: AFP/ALEX EDELMAN)
Jakarta -

Kabar Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terinfeksi virus Corona (COVID-19) menjadi topik perbincangan hangat hari ini. Selain itu, topik Hari Batik Nasional juga menjadi berita populer hari ini.

Rangkuman berita-berita populer itu ditampilkan dalam tayangan video, berjudul SIDAK!: 2/10/2020 BLACKPINK MABUK CINTA BIKIN TRUMP POSITIF CORONA yang diunggah oleh akun YouTube CXO Media. Rangkuman berita setiap harinya, dikemas secara ringan dan ditayangkan setiap pukul 21.00 WIB.

Berikut rangkuman beritanya:

1. BLACKPINK Dimabuk Cinta dalam Lovesick Girls

BLACKPINK akhirnya merilis comeback yang ditunggu-tunggu lewat Lovesick Girls. Kali ini Jennie cs comeback dengan lagu yang didominasi dengan suara gitar.

Dalam Lovesick Girls, BLACKPINK bicara soal sakit hati yang mereka alami karena cinta. Walaupun begitu, mereka tetap terus mencari cinta hingga menemukan orang yang tepat.

Perilisan terbaru BLACKPINK mendapatkan respons positif dari BLINK. #LOVESICKGIRLS dan #THEALBUM juga menjadi trending topic dunia di Twitter.

Tak hanya merilis MV Lovesick Girls, BLACKPINK juga merilis The Album versi digital di sejumlah platform musik dunia.

Terdapat 8 lagu di dalamnya, termasuk Kill This Love dan Ice Cream yang sudah dirilis sebelumnya. Mereka juga berkolaborasi dengan Cardi B melalui Bet You Wanna.

2. Dokter Kepresidenan Ungkap Kondisi Kesehatan Trump

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump dan Ibu Negara AS, Melania Trump, dinyatakan positif terinfeksi virus Corona (COVID-19). Dokter kepresidenan AS menyatakan keduanya dalam kondisi baik-baik saja dan akan menjalani karantina di Gedung Putih.

Seperti dilansir CNN, Jumat (2/10/2020), dokter kepresidenan AS, Komandan Angkatan Laut Dr Sean Conley, dalam memo kepada wartawan menuturkan bahwa dirinya menerima konfirmasi hasil tes Trump yang positif Corona pada Kamis (1/10) malam waktu AS.

"Presiden dan Ibu Negara sama-sama dalam kondisi baik saat ini, dan mereka berencana tetap di rumah di Gedung Putih selama pemulihan mereka," tutur Dr Conley dalam memonya.

"Tim medis Gedung Putih dan saya akan mengawasi dengan saksama, dan saya menghargai dukungan yang diberikan oleh sejumlah profesional medis dan institusi medis terhebat di negara kita," imbuhnya, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

"Tentu saya berharap Presiden terus menjalankan tugasnya tanpa gangguan sambil memulihkan diri, dan saya akan terus mengabari Anda tentang perkembangan lebih lanjut," ucap Dr Conley.

Trump sebelumnya mengungkapkan hasil tesnya via Twitter. Dia menyatakan dirinya dan Melania positif terinfeksi Corona setelah menjalani pemeriksaan terbaru pada Kamis (1/10) waktu setempat.

"Malam ini, @FLOTUS (Melania-red) dan saya dinyatakan positif COVID-19," tutur Trump via akun Twitternya. "Kami akan memulai karantina kami dan proses pemulihan segera. Kami akan melalui ini BERSAMA!" imbuhnya.

3. Unik! Pria di Bondowoso Bernama Hitam Meski Kulitnya Sawo Matang

Seorang pria di Bondowoso memiliki nama unik dan singkat. Hitam, begitulah nama yang tertera di KTP-nya.

Hitam merupakan warga Dusun Koce'e, Desa Wonoboyo, Klabang. Pria berusia 44 tahun ini sehari-hari bekerja sebagai petani di desa setempat.

"Ya, mau gimana lagi wong nama itu memang pemberian dari orang tua," tutur Hitam dengan santai, saat berbincang dengan detikcom, Jumat (2/10/2020).

Menurut bapak dua anak ini, para tetangga sekitar sudah menganggap namanya biasa saja. Tapi, ketika sudah ke luar desanya dan berinteraksi dengan orang lain, baru timbul bermacam reaksi. Ada yang heran, tak percaya, dibilang lucu, dan lainnya.

Meski bernama Hitam, warna kulit pria tersebut ternyata tidak hitam. Anak pertama dari dua bersaudara ini berkulit lazimnya orang kebanyakan, sawo matang.

4. Viral Pengantin Sunda Disebut Meninggal Saat Dirias, Ini Fakta Sebenarnya

Sebuah video viral di TikTok menunjukkan seorang pengantin yang memakai riasan makeup adat Sunda serba putih dikabarkan tutup usia ketika dirias. Kabar soal pengantin meninggal saat dirias ini viral setelah diunggah oleh akun TikTok Aisyah Naura @aisyahnaura0.

Dalam video yang diunggahnya, dia memperlihatkan seorang pengantin wanita tampak tertidur pulas usai dirias. Kaki si pengantin tampak dipijat dan kuku tangannya sedang diberikan kuteks.

Unggahan TikTok tersebut hingga Jumat siang (2/10/2020) sudah ditonton lebih dari 9,4 juta Views, mendapat 545 ribu Likes dan 11 ribu komentar. Warganet pun terkejut melihat video tersebut. Ada yang mendoakan pengantin, bingung dan mengira pengantin tidak meninggal.

Video TikTok Aisyah semakin menyebar luas ketika pengguna akun Facebook Ukhty Lisda Rianti membagikan kabar jika mempelai wanita yang berada dalam video tersebut tutup usia ketika dirias. Dalam unggahan tersebut, nampak situasi di pemakaman.

Aisyah Naura pun menjelaskan cerita yang sebenarnya terjadi. Ditegaskannya, pengantin wanita yang diunggahnya ke TikTok tidak meninggal dunia, melainkan sedang tertidur.

"Di sini saya akan mengklarifikasi tentang video TikTok saya, yang sedang viral tentang pengantin tertidur itu. Di sana saya sudah kasih judul tertidur, bukan meninggal. Video itu saya ambil pada 12 Agustus 2020, pas acara pernikahan kedua mempelai, di desa Kepohagung, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Kebetulan saya sebagai tukang riasnya," kata Aisyah

5. Ronaldo Vs Messi Resmi Terjadi di Liga Champions

Ronaldo dan Lionel Messi dalam dua tahun terakhir tidak bisa bertemu lagi secara rutin di liga. Sebab, Ronaldo sudah pergi dari Real Madrid dan gabung Juventus.

Nah, reuni yang ditunggu-tunggu publik akhirnya tiba ketika drawing fase grup Liga Champions 2020/2021 dilakukan di Jenewa, Swiss, Kamis (1/10/2020) malam. Juventus yang berada di pot 1 diundi satu grup dengan Barcelona sebagai wakil pot 2.

Selain Juventus dan Barcelona, masih ada Dynamo Kiev dan Ferencvaros, Tapi, jelas duel kedua raksasa itu paling dinanti mengingat Ronaldo dan Messi akan berhadapan lagi di lapangan, setelah dua tahun berbeda liga.

Saat ini Ronaldo merumput di Serie A Italia bersama Juventus, sementara Barcelona ada di LaLiga Spanyol -- yang dulu juga jadi tempat CR7 merumput bersama Real Madrid. Tapi bahasan Ronaldo Vs Barca jadi muncul lagi usai drawing Liga Champions.

Dalam pengundian kemarin, Juventus yang berada di Pot 1 masuk ke Grup G. Barcelona, yang menempati Pot 2, kemudian ikut masuk grup tersebut.


6. Makna dan Cerita di Balik 4 Motif Batik Populer

Indonesia memperingati Hari Batik Nasional setiap tahunnya pada 2 Oktober. Tanggal 2 Oktober dipilih bertepatan dengan ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO pada 2009 silam. Secara resmi, batik Indonesia mendapatkan pengakuan resmi dari dunia.

Indonesia sendiri memiliki banyak ragam batik. Setiap batik memiliki motif yang saling berbeda satu sama lain, termasuk makna dan cerita yang ada di baliknya.

Batik Parang menjadi salah satu motif batik tertua di Indonesia. Parang sendiri berasal dari kata 'pereng' yang berarti 'lereng'. Kata 'pereng' itu hadir dalam rupa garis menurun secara diagonal yang dihadirkan batik Parang. Batik juga dilengkapi dengan susunan motif yang menyerupai bentuk S atau ombak laut yang saling berkait-kelindan tidak terputus yang menggambarkan kesinambungan.

Batik Megamendung menjadi salah satu ikon daerah Cirebon, Jawa Barat. Kekhasan motif Megamendung hadir pada rupa yang menyerupai awan dengan warna-warna tegas seperti biru dan merah. Biru dan merah konon menggambarkan maskulinitas dan suasana dinamis. Kedua warna itu juga dianggap menggambarkan psikologi masyarakat pesisir yang lugas dan terbuka.

Batik Sidomukti umumnya terbuat dari pewarna soga alam dan biasa digunakan dalam upacara pernikahan. Sidomukti berasal dari kata 'sida' yang berarti 'menjadi', sedangkan 'mukti' berarti 'sejahtera atau bahagia lahir dan batin'. Jika digabungkan, motif batik Sidomukti mengandung harapan agar apa yang diinginkan bisa tercapai, salah satunya untuk mencapai kebahagiaan lahir dan batin.

Batik Kawung hadir dengan motif yang bentuknya menyerupai buah kawung. Beberapa literatur lain juga menafsirkan motif ini interpretasi dari bunga teratai dengan empat lembar mahkota bunga yang merekah. Bunga teratai sendiri melambangkan umur panjang dan kesucian. Kawung sendiri berasal dari kata 'suwung' yang berarti 'kosong'. Dalam batik ini, 'suwung' bisa dianggap sebagai simbol kekosongan diri dari nafsu dan hasrat dunia.

[Gambas:Youtube]

(azr/gbr)