Positif Corona, Trump Baik-baik Saja dan Dikarantina di Gedung Putih

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 02 Okt 2020 12:45 WIB
First lady Melania Trump arrives to speak on the second night of the Republican National Convention from the Rose Garden of the White House, Tuesday, Aug. 25, 2020, in Washington. (AP Photo/Evan Vucci)
Presiden AS Donald Trump dan Melania (Foto: AP/Evan Vucci)
Washington DC -

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump dan Ibu Negara AS, Melania Trump, baru saja dinyatakan positif terinfeksi virus Corona (COVID-19). Dokter kepresidenan AS menyatakan keduanya dalam kondisi baik-baik saja dan akan menjalani karantina di Gedung Putih.

Seperti dilansir CNN, Jumat (2/10/2020), dokter kepresidenan AS, Komandan Angkatan Laut Dr Sean Conley, dalam memo kepada wartawan menuturkan bahwa dirinya menerima konfirmasi hasil tes Trump yang positif Corona pada Kamis (1/10) malam waktu AS.

"Presiden dan Ibu Negara sama-sama dalam kondisi baik saat ini, dan mereka berencana tetap di rumah di Gedung Putih selama pemulihan mereka," tutur Dr Conley dalam memonya.

"Tim medis Gedung Putih dan saya akan mengawasi dengan saksama, dan saya menghargai dukungan yang diberikan oleh sejumlah profesional medis dan institusi medis terhebat di negara kita," imbuhnya, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

"Tentu saya berharap Presiden terus menjalankan tugasnya tanpa gangguan sambil memulihkan diri, dan saya akan terus mengabari Anda tentang perkembangan lebih lanjut," ucap Dr Conley.

Trump sebelumnya mengungkapkan hasil tesnya via Twitter. Dia menyatakan dirinya dan Melania positif terinfeksi Corona setelah menjalani pemeriksaan terbaru pada Kamis (1/10) waktu setempat.

"Malam ini, @FLOTUS (Melania-red) dan saya dinyatakan positif COVID-19," tutur Trump via akun Twitternya. "Kami akan memulai karantina kami dan proses pemulihan segera. Kami akan melalui ini BERSAMA!" imbuhnya.

Kabar terinfeksinya Trump ini mencuat setelah salah satu penasihat dekatnya, Hope Hicks, dinyatakan positif Corona pada Kamis (1/10) waktu setempat. Hicks diketahui mendampingi Trump saat debat capres pada Selasa (29/9) dan saat kampanye di Minnesota pada Rabu (30/9) waktu setempat.

Kepada Fox News, Trump mengakui dirinya dan Melania menghabiskan banyak waktu bersama Hicks yang menjadi penasihat dekatnya. Namun Trump menyebut Hicks selalu memakai masker. Dia menduga Hicks tertular Corona saat berinteraksi dengan pendukung.

Tonton juga: Breaking! Donald Trump dan Melania Trump Positif Corona

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)