Macet di Cipayung Jaktim, Dishub Jaktim: Ada Promosi McDonald's

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 02 Okt 2020 21:07 WIB
Petugas Sudinhub Jaktim mengurai simpul kemacetan kendaraan di Jalan Bina Marga Cipayung imbas promosi makanan siap saji, Jumat (2/10/2020). (ANTARA/HO-Sudinhub Jaktim)
Petugas Sudinhub Jaktim mengurai simpul kemacetan kendaraan di Jalan Bina Marga Cipayung imbas promosi makanan siap saji, Jumat (2/10/2020). (ANTARA/HO-Sudinhub Jaktim)
Jakarta -

Kepadatan lalu lintas terjadi di daerah Cipayung, Jakarta Timur (Jaktim). Kemacetan terjadi imbas kendaraan keluar-masuk restoran cepat saji McDonald's.

"Benar, kemacetan di Bina Marga Cipayung. Dilaporkan kepada kami sekitar 33 menit lalu. Ada kerumunan di depan McD," kata petugas call center NTMC Polri, Dimas, saat dihubungi, Jumat (2/10/2020) pukul 20.25 WIB.

Dia mengatakan ada seorang warga yang meminta petugas turun tangan mengatur lalu lintas karena terjadinya kemacetan. Saat ini petugas dilaporkan sudah ada di lokasi.

"Dilaporkan Ibu Tora kepada kami yang meminta dikirimkan petugas untuk penanganan kemacetan, untuk mengatur lalu lintas. Saat ini sudah dilakukan penguraian," ujarnya.

Dia tak menyebutkan panjang kemacetan yang terjadi. Namun kepadatan lalu lintas dipicu banyaknya kendaraan yang keluar-masuk gerai McDonald's.

"Untuk panjang kemacetan belum bisa dipastikan. Penyebab (kemacetan) banyak kendaraan keluar dan masuk di McD," katanya.

Hal senada dibenarkan pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Jaktim. Kemacetan terjadi imbas promosi McDonald's saat jam pulang kerja.

"Penyebabnya promosi McDonald's," kata Kasi Operasional Sudin Perhubungan Jaktim, Riky Erwinda, di Jakarta, seperti dilansir Antara.

Kemacetan itu dilaporkan terjadi sejak pukul 17.00 WIB. Dilaporkan sempat terjadi kemacetan sepanjang 2,2 kilometer mulai dari Pos Polisi Gempol hingga Simpang Jalan Cipayung Raya.

Riky mengatakan telah menempatkan sejumlah anggota di lapangan untuk mengurai simpul kemacetan. Simpul kemacetan, kata Riky, sebab pengelola restoran memberikan promosi harga melalui layanan tanpa turun mobil atau drive thru.

"Sampai saat ini petugas masih mengatur lalin, khususnya di sekitar parkiran McDonald's dari arah masuk dan keluarnya," katanya.

Meski Jalan Bina Marga berkategori sebagai jalan lingkungan yang tidak terlalu lebar badan jalannya, kata Riky, namun volume lalu lintas di lokasi itu dilalui banyak kendaraan yang mengarah ke Jalan Cipayung Raya.

(jbr/gbr)