Mulai Ngantor di Depok, Ridwan Kamil Ingin Penanganan COVID dengan DKI Seirama

Antara News - detikNews
Jumat, 02 Okt 2020 15:40 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Yudha Maulana/detikcom)
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mulai ngantor di Depok. Dia menyebut wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi merupakan wilayah penyumbang terbanyak di Jawa Barat, sehingga harus dimonitor.

"Memulai rutinitas mingguan ngantor di Depok, untuk memonitor penanganan covid di Bodebek yang menyumbangkan 60-70% kasus harian covid di Jawa Barat," kata Ridwan Kamil, dalam akun Twitter resminya, Jumat (2/10/2020).

Dalam kesempatannya di Depok, pria yang akrab disapa Emil itu juga mengatakan ingin bersinergi dengan DKI dalam penanganan Corona di wilayah Bodebek. Dia mengatakan banyak pasien Corona di Bodebek berasal dari anggota keluarga yang bekerja di Jakarta.

"Saat ini banyak mengemuka pasien COVID-19 terjadi di Depok, Bogor, dan Bekasi adalah klaster keluarga yang datang dari suami yang bekerja di Jakarta dan menularkan ke keluarganya," kata Emil, seperti dikutip Antara.

Untuk mencegah klaster keluarga, Emil tidak menerapkan isolasi mandiri pasien Corona di rumah. Dia menekankan, jika ada pasien Corona dengan gejala ringan, harus tetap diisolasi di rumah sakit atau hotel.

"Tingkat infeksi di rumah lebih tinggi dibanding melakukan isolasi di tempat lainnya," katanya.

Emil menerangkan, sejak hari pertama diumumkan kasus COVID-19 di RI, Pemprov Jabar sudah mengirimkan bantuan ke Depok. Dia mengatakan kunci dalam penanganan COVID adalah kebersamaan dan saling menyemangati.

Menurut dia, ada beberapa catatan untuk kota penyanggah Jakarta. Emil mengatakan penanganannya harus sama. Namun lantaran ada wilayah-wilayah batas administrasi politik, keputusan yang diambil disesuaikan dengan kearifan lokal.

Untuk itu, Pemprov Jabar berkoordinasi lebih baik di Jabodetabek. Sebab, keputusan di Jakarta mempengaruhi wilayahnya sendiri, memengaruhi regional Jabar, dan memengaruhi nasional karena merupaka Ibu Kota.

Ridwan Kamil: Hampir 70% Kasus Corona di Jabar Disumbangkan Bodebek!:

[Gambas:Video 20detik]



(idn/imk)