Round-Up

Partai Ummat Amien di Mata Partai-partai Islam

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 02 Okt 2020 08:15 WIB
Amien Rais mengumumkan partai barunya, Partai Ummat (Dok. Screenshot YouTube Amien Rais).
Foto: Amien Rais mengumumkan partai barunya, Partai Ummat (Dok. Screenshot YouTube Amien Rais).
Jakarta -

Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, mengumumkan nama partai baru yang bakal didirikannya, yakni Partai Ummat. Partai-partai berbasis Islam pun memberikan sorotan.

Pengumuman nama partai baru Amien Rais ini disampaikan lewat YouTube resmi Amien Rais, Kamis (1/10/2020).

"Mukaddimah Partai Ummat," kata Amien Rais.

Amien menjelaskan arti nama partai barunya ini, Partai Ummat. Menurut Amien, ini terkait dengan asas partainya, yaitu Islam rahmatan lil alamin. Sementara itu slogan Partai Ummat adalah: tegakkan keadilan, lawan kezaliman.

"Partai Ummat insyaallah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya melawan kezaliman dan menegakkan keadilan," kata Amien Rais.

"Partai Ummat akan bekerja dan berjuang memegang teguh Pancasila, UUD 1945, dan semua aturan demokrasi universal," imbuhnya.

Dengan mengumumkan nama baru partainya, Amien Rais pun dianggap bukan lagi bagian dari PAN. Juru bicara PAN, Viva Yoga Mauladi menyebut mulai kini, Amien Rais tidak lagi identik dengan partai berlambang matahari putih itu.

"Hal ini berarti secara resmi dan legal konstitusional Pak Amien Rais telah keluar dan meninggalkan PAN. Pak Amien sebagai salah satu pendiri dan mantan Ketua Umum PAN 2000-2005 sudah tidak lagi menjadi bagian dari keluarga besar PAN. Oleh karena itu, Pak Amien Rais sudah tidak identik lagi dengan PAN," tegas Viva Yoga, Kamis (1/10/2020).

Viva juga menyebut ideologi PAN dengan Partai Ummat jelas berbeda. PAN, sebut dia, mengusung ideologi nasionalis religius.

"Secara ideologi politik, PAN dan Partai Ummat berbeda. PAN berideologi nasionalis-religius, Partai Ummat itu partai Islam. Perbedaan ideologi politik tentu akan membawa konsekuensi berbeda dalam basis sosial di masyarakat," ujar Viva.

Dia pun optimistis kader PAN tetap setia dan loyal dengan partai pimpinan Ketum Zulkifili Hasan itu, meski Amien Rais membentuk partai baru. Kalaupun ada kader PAN yang ikut bergabung dengan Partai Ummat, Viva meyakini hanya segelintir orang.

"PAN meyakini bahwa kader dan pengurus PAN memiliki rasionalitas politik dan berakal sehat. Mereka akan tetap istiqomah dan cinta PAN. Jika ada anggota yang keluar dari PAN dan ikut Partai Ummat, itu hanya sebagian kecil saja. Non-signifikan," ucapnya.

"Tidak bedol desa. Apalagi sampai saat ini tidak ada satu pun anggota legislatif, di DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota maupun kader di lembaga eksekutif yang menyatakan keluar dari PAN dan bergabung di Partai Ummat," lanjut Viva.

PAN juga menyambut baik partai baru Amien Rais.

"PAN mengucapkan selamat datang kepada Partai Ummat di gelanggang politik," tutur Viva Yoga.

Simak video 'PAN: Amien Rais Bukan Lagi Keluarga Besar PAN':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3