Loyalis Amien Rais: PAN Kini Salah Urus dan Melenceng

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 02 Okt 2020 06:08 WIB
Amien Rais mengumumkan partai barunya, Partai Ummat (Dok. Screenshot YouTube Amien Rais).
Foto: Amien Rais mengumumkan partai barunya, Partai Ummat (Dok. Screenshot YouTube Amien Rais).
Jakarta -

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga menyebut dengan diumumkannya Partai Ummat, Amien Rais bukan lagi bagian dari PAN. Loyalis Amien Rais, Agung Mozin, menanggapinya dan menyebut PAN sekarang adalah PAN yang salah urus.

"Saya balik lagi pernyataan itu, dengan pengumuman Pak Amien, bahwa PAN yang ada adalah PAN masa lalu yang salah urus," kata Mozin, ketika dihubungi, Kamis (1/10/1010).

Mozin menyebut PAN kini sudah melenceng dari perjuangan. Dengan perginya Amien Rais, dia menilai PAN bukan lagi berada di tangan yang benar.

"PAN masa lalu yang sudah melenceng dari perjuangan, dengan perginya Pak Amien mengkonfirmasi bahwa PAN yang dibentuk Pak Amien itu sudah salah urus," ujarnya.

Untuk diketahui, Amien Rais telah mengumumkan nama partai barunya yakni Partai Ummat. Pengumuman nama partai baru Amien Rais ini disampaikan lewat YouTube resmi Amien Rais. Amien menjelaskan arti nama partai barunya ini, Partai Ummat. Menurut Amien, ini terkait dengan asas partainya.

"Partai Ummat insyaallah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya melawan kezaliman dan menegakkan keadilan," sebut Amien Rais.

PAN angkat bicara terkait pengumuman nama partai baru Amien Rais, Partai Ummat. PAN menyebut Amien Rais bukan lagi bagian dari PAN sejak mengumumkan Partai Ummat.

"Hari ini Pak Amien Rais mengumumkan berdirinya partai politik baru, namanya Partai Ummat. Hal ini berarti secara resmi dan legal konstitusional Pak Amien Rais telah keluar dan meninggalkan PAN," ujar Jubir yang juga Waketum PAN, Viva Yoga Mauladi, kepada wartawan, Kamis (1/10).

"Pak Amien sebagai salah satu pendiri dan mantan Ketua Umum PAN 2000-2005 sudah tidak lagi menjadi bagian dari keluarga besar PAN. Oleh karena itu Pak Amien Rais sudah tidak identik lagi dengan PAN," imbuhnya.

(eva/dnu)