Pertamina Gaet Milenial untuk Tumbuhkan Pengusaha Muda di RI

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 19:58 WIB
Pertamina
Foto: Pertamina
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) berkolaborasi bersama Coworking Space KUMPUL, 9 lokal partner dan lebih dari 20 universitas di Indonesia untuk melahirkan pengusaha muda Indonesia dengan menggelar acara Startup Weekend Indonesia-The NextGen.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menyebutkan kolaborasi ini senada dengan tujuan Pertamina melalui program kemitraan untuk menumbuhkan jiwa pengusaha untuk kalangan muda.

"Kami yakin, para mahasiswa ini masih mempunyai pemikiran yang segar dan kreatif untuk dapat tumbuh menjadi pengusaha yang sukses," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (1/10/2020).

Fajriyah mengatakan sejumlah pemateri handal telah juga disiapkan untuk memberikan bekal kepada para mahasiswa lewat program ini. Sehingga, saat mulai terjun ke dunia usaha, atau membentuk UMKM, mereka bisa menjadi bagian binaan Pertamina dengan segudang manfaatnya.

Diketahui, beberapa kampus ternama di Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Malang dan kota besar lainnya akan ikut terlibat. Fajriyah pun berharap mahasiswa dapat memanfaatkan momentum tersebut untuk mempersiapkan diri sebelum berwirausaha.

"Untuk mahasiswa yang belum atau sudah memulai usaha, acara ini sangat tepat untuk memperkaya wawasan menjadi entrepreneur yang baik," jelasnya.

Sementara itu, CEO & Co-Founder KUMPUL Faye Wongso merincikan hari pertama di setiap sesi akan berbentuk pembentukan tim dan ide dari peserta. Hari kedua akan berlangsung sesi dari pembicara, mentoring dan pembentukan startup. Hari terakhir akan dilakukan pelatihan presentasi dan menunjukkan pekerjaan mereka kepada juri.

"Startup terbaik akan dipilih untuk Demo Day, serta 3 Startup terbaik akan mendapatkan mentoring selama 3 bulan," jelas Faye.

Startup Weekend Indonesia Next Gen, menurut Faye, dapat diikuti oleh ribuan orang yang berusia 18-25 tahun. Diadakan oleh lebih dari 20 Universitas dan lebih dari 20 acara individu selama bulan Oktober 2020. Selama 54 jam membentuk dan mewujudkan ide Startup yang didampingi oleh mentor - mentor terbaik di Indonesia.

Kegiatan di setiap kota di berbagai Universitas ini diorganisir penuh oleh lokal partner Kumpul: Ngalup.co, Ruang & Tempo, KEMBALI, MeetUp, Startup Borneo, Innovative Academy dan Satu Tampa.

(ega/ega)