Keutamaan Membaca Surat Yasin yang Punya 83 Ayat

Rosmha Widiyani - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 19:00 WIB
Muslim woman reading from the quran stock photo
Foto: Getty Images/iStockphoto/evrim ertik/Keutamaan Membaca Surat Yasin yang Punya 83 Ayat
Jakarta -

Surat Yasin, seperti ayat lain dalam Al Quran, memiliki keutamaan saat dibaca umat Islam. Dengan keutamaan inilah, tiap muslim diharapkan jangan pernah lupa membaca Al Quran tiap hari.

Bagi masyarakat Indonesia, Surat Yasin mungkin tidak asing karena identik dengan pengajian saat ada yang meninggal dunia. Keutamaan surat Yasin dijelaskan dalam beberapa hadist dari Rasulullah SAW.

Berikut keutamaan Surat Yasin:

1. Surat Yasin adalah jantungnya Al Quran

Keutamaan Surat Yasin terdapat dalam hadist yang diceritakan Anas

إِنَّ لِكُلِّ شَيْءٍ قَلْبًا وَقَلْبُ الْقُرْآنِ يس وَمَنْ قَرَأَ يس كَتَبَ اللَّهُ لَهُ بِقِرَاءَتِهَا قِرَاءَةَ الْقُرْآنِ عَشْرَ مَرَّاتٍ

Artinya: "Semua benda memiliki jantung dan jantungnya Al Quran adalah Surat Yasin. Siapa saja yang membaca Surat Yasin, maka Allah SWT akan mencatat baginya seperti membaca Al Quran sepuluh kali." (HR Tirmidzi).

Hadist berderajat dhaif ini menjelaskan keutamaan Surat Yasin, namun muslim jangan sampai hanya membaca Surat Yasin dan melewatkan ayat yang lain.

2. Surat Yasin dibacakan pada orang yang akan meninggal

Keutamaan berikutnya dijelaskan dalam hadist yang diceritakan Ma'qil bin Yasar

قَالَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم ‏ "‏ اقْرَءُوا ‏{‏ يس ‏}‏ عَلَى مَوْتَاكُمْ ‏"

Artinya: Rasulullah SAW berkata, "Bacakanlah Surat Yasin pada orang yang akan meninggal." (HR Abu Daud).

Hadist ini berderajat dhaif ini. Namun sejumlah ulama berpendapat tak ada salahnya membacakan Surat Yasin pada orang yang akan meninggal. Namun jika tidak bisa, maka cukup dibacakan Laa Ilaha Illallah sesuai hadist riwayat Muslim.

3. Mendapat pengampunan di pagi harinya

Dalam hadist ini dijelaskan, siapa saja membaca Surat Yasin di malam hari maka akan pengampunan esok harinya

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ ( يس ) فِي لَيْلَةٍ أَصْبَحَ مَغْفُوْرًا لَهُ

Artinya: "Siapa saja yang ketika malam hari membaca Surat Yasin maka dia akan diampuni pada pagi harinya." (HR Abu Ya'la)

Dalam hadist berderajat dhaif ini, muslim sebetulnya diingatkan pentingnya menunaikan ibadah di malam hari untuk memohon pengampunan Allah SWT.

4. Surat Yasin meringankan siksa penghuni kubur

Hadist ini bisa dilihat di situs Jamiatul Ulama sebuah organisasi Islam di Afrika Selatan

مَنْ دَخَلَ المَقَابِرَ فَقَرَأَ سُوْرَةَ ( يس ) ، خُفِّفَ عَنْهُمْ يَوْمَئِذٍ ، وَكَانَ لَهُ بِعَدَدِ مَنْ فِيْهَا حَسَنَات

Artinya: "Siapa saja yang masuk kuburan dan membaca Surat Yasin maka pada hari itu akan diringankan (siksa) mereka (para penghuni kubur). Dan dia akan mendapatkan pahala sebanyak yang ada di dalamnya." (HR Qurtubi)

Sesuai dengan hadist berderajat dhaif ini, maka tak ada salahnya membaca Surat Yasin sambil berharap pengampunan dan keringanan siksa kubur kelak.

Dengan membaca Surat Yasin, seorang muslim tentu bisa berharap pengampunan dan kemudahan dalam menghadapi kehidupan di dunia dan siksa akhirat kelak. Namun sesungguhnya pengampunan dan keringanan adalah hak Allah SWT.

(row/erd)