Surat Annas Ayat 1-6, Arab, Latin, dan Artinya

Tim Hikmah detikcom - detikNews
Kamis, 24 Sep 2020 21:59 WIB
al quran
Foto: iStock/Surat Annas Ayat 1-6, Arab, Latin, dan Artinya
Jakarta -

Surat Annas adalah surah penutup ke-114 dalam Al Quran. Annas artinya manusia dan kata Annas diambil dari ayat pertama surat ini.

Surat ini termasuk dalam golongan surah makkiyah dan terdiri dari 6 ayat. Annas turun sesudah surat Al Falaq dan sebelum surat Al Ikhlas.

Isi surat Annas seperti dilansir buku 'Tafsir Al Mishbah jilid 15 karya Prof Dr M Quraish Shihab adalah permohonan perlindungan kepada Allah SWT.

Nabi saw. bersabda: "Allah telah menurunkan kepadaku ayat-ayat yang tidak ada bandingannya; Qul A 'uudzu bi Rabbian-Nas dan Qul A 'uudzubi Rabbal-Falaq (dst)" (HR.Muslim dan at-Tirmidzi melalui 'Uqbah Ibn 'Amir al-Juhani). Yang dimaksud dengan tidak ada bandingannya, adalah dalam hal doa meminta perlindungan.

Dalam surat al Falaq yang disebut terakhir adalah iri hati, dan inilah yang merupakan sumber upaya iblis menjerumuskan manusia serta sumber permusuhan dengannya. Karena itu dalam surat Annas https://www.detik.com/tag/alquran memulai dengan memohon perlindungan dari kejahatan khusus yaitu godaan jin atau iblis.

Di sisi lain, surat Al Falaq merupakan permohonan perlindungan dari kejahatan yang bersumber dari luar. Sedangkan surat Annas merupakan permohonan perlindungan dari kejahatan yang datang dari dalam, bahkan boleh jadi diri manusia sendiri.

Allah SWT pada surat ini mengajar Nabi Muhammad SAW memohon perlindungan dengan berfirman: Katakanlah wahai Nabi Muhammad, aku berlindung kepada Tuhan Pemelihara manusia. Maha Raja yang menguasai manusia Tuhan yang disembah dan dipatuhi oleh manusia suka atau tidak suka.

Berikut surat Annas Arab, latin, dan artinya:

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ - ١

qul a'ụżu birabbin-nās

Katakanlah, "Aku berlindung kepada Tuhannya manusia,

مَلِكِ النَّاسِۙ - ٢

malikin-nās

Raja manusia,

اِلٰهِ النَّاسِۙ - ٣

ilāhin-nās
sembahan manusia,

مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ - ٤

min syarril-waswāsil-khannās

dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi,

الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ - ٥

allażī yuwaswisu fī ṣudụrin-nās

yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia,

مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ ࣖ - ٦

minal-jinnati wan-nās
dari (golongan) jin dan manusia."

(nwy/erd)