Amien Rais dan Partai Ummat Diprediksi Kalah dari PAN

Elza Astari Retaduari - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 15:09 WIB
Amien Rais mengumumkan partai barunya, Partai Ummat (Dok. Screenshot YouTube Amien Rais).
Foto: Amien Rais mengumumkan partai barunya, Partai Ummat (Dok. Screenshot YouTube Amien Rais).
Jakarta -

Kehadiran Partai Ummat besutan Amien Rais dianggap tidak akan banyak berpengaruh terhadap perpolitikan Indonesia. Partai Ummat diprediksi tidak akan masuk bisa masuk DPR karena sulit menembus parliamentary threshold (ambang batas parlemen).

"Karena prediksi di atas kertas, Ummat ini akan sulit lebih besar dibandingkan PAN karena Partai Ummat mengejar suara yang sama dengan PAN," ujar pengamat politik dari lembaga survei KedaiKOPi, Hendri Satrio (Hensat) kepada wartawan, Kamis (1/10/2020).

Hensat memprediksi jalan Partai Ummat merebut suara pemilih akan sulit. Meski sama-sama didirikan oleh Amien Rais, Ummat diyakini tak akan bisa mengalahkan PAN.

"Pasti akan berat ini bergeraknya ataupun lulus threshold, terutama karena akan bersaing dengan partai kakaknya, yaitu PAN. Saingan utamanya cuma menggerus PAN menurut saya, nggak ke partai-partai lain," sebut Hensat.

"Agak berat karena pertama tantangan yang pertama dari PAN itu sendiri, karena kan mirip yah basis Amien Rais. Waktu di PAN dengan Amien Rais di Ummat sama. Semoga saja bisa saingan," imbuhnya.

Hendri menilai Amien Rais akan menjadi tokoh yang lebih bagus namanya bila keluar dari partai. Bila keluar dari partai, mantan Ketua MPR tersebut dianggap dapat membuat sejarah baru.

Hendri SatrioHendri Satrio (Foto: Ari Saputra/detikcom).

"Kalau Amien Rais membuat sejarah baru di dirinya sebagai orang yang non-partai itu bisa akan tetap menjaga dirinya sebagai salah satu tokoh bangsa, bukan sebagai tokoh yang kalah. Entah apa yang dipikirkan Pak Amien, tapi saya saran Pak Amien harus buat sejarah baru non-partai politik lah supaya namanya tetap harum," urai Hensat,

Meski begitu, ia memberikan selamat atas lahirnya Partai Ummat. Hensat juga berharap agar Partai Ummat berhasil mengalahkan PAN dan masuk ke parlemen.

"Saya ucapkan selamat untuk Pak Amien Rais atas berdirinya Partai Ummat,mudah-mudahan bisa bersaing lah menembus threshold. Good luck lah, karena kan nggak berusaha menggaet kelompok masyarakat baru. Jadi yang ada aja rebutan," tuturnya.

Hensat juga memberi semangat kepada Partai Ummat, yang belum diketahui susunan pengurusnya.

"Selamat berjuang, tapi sedih sebetulnya karena berpeluang akan menjadi orang yang kalah Amien Rais karena partainya tidak bisa besar dan lolos threshold nantinya," ucap Hensat.

Mengenai kehadiran Partai Ummat bagi PAN, Hensat menilai PAN masih berpeluang tetap bisa masuk Senayan. Meski konstituen PAN dan Partai Ummat sama, partai pimpinan Ketum Zulkifli Hasan tersebut diyakini masih bisa masuk DPR, meski agak sulit.

"Lolos tipis. Sulit lolos tapi kalau ambang batas dinaikkan 2% maka terancam nggak lolos," ujar Hensat.

Seperti diketahui, Amien Rais mengumumkan nama partai barunya, yaitu Partai Ummat. Pengumuman nama partai baru Amien Rais ini disampaikan lewat YouTube resmi Amien Rais, Kamis (1/10).

"Mukaddimah Partai Ummat," kata Amien Rais.

Amien menjelaskan arti nama partai barunya ini, Partai Ummat. Menurut Amien, ini terkait dengan asas partainya.

"Partai Ummat insya Allah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya melawan kezaliman dan menegakkan keadilan," sebut Amien Rais.

Tonton video 'Asas Partai Ummat dari Amien Rais':

[Gambas:Video 20detik]



(elz/tor)