PAN: Umumkan Partai Ummat, Amien Rais Tinggalkan PAN

Zunita Putri - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 13:46 WIB
Amien Rais hadiri Rakernas PAN, Sabtu (7/12/2019).
Amien Rais (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

PAN angkat bicara terkait pengumuman nama partai baru Amien Rais, Partai Ummat. PAN menyebut Amien Rais bukan lagi bagian dari PAN sejak mengumumkan Partai Ummat.

"Hari ini Pak Amien Rais mengumumkan berdirinya partai politik baru, namanya Partai Ummat. Hal ini berarti secara resmi dan legal konstitusional Pak Amien Rais telah keluar dan meninggalkan PAN," ujar Jubir yang juga Waketum PAN, Viva Yoga Mauladi, kepada wartawan, Kamis (1/10/2020).

"Pak Amien sebagai salah satu pendiri dan mantan Ketua Umum PAN 2000-2005 sudah tidak lagi menjadi bagian dari keluarga besar PAN. Oleh karena itu Pak Amien Rais sudah tidak identik lagi dengan PAN," imbuhnya.

Meski demikian, dia mengucapkan selamat atas berdirinya Partai Ummat. Dia juga menilai ideologi Partai Ummat dan PAN berbeda.

Viva menegaskan Partai Ummat tidak ada kaitannya dengan PAN. PAN dan Partai Ummat berjalan sendiri dan fokus dengan tujuan masing-masing.

Diketahui, Amien Rais mengumumkan nama partai barunya yakni Partai Ummat. Pengumuman nama partai baru Amien Rais ini disampaikan lewat YouTube resmi Amien Rais.

Amien menjelaskan arti nama partai barunya ini, Partai Ummat. Menurut Amien, ini terkait dengan asas partainya.

"Partai Ummat insyaallah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya melawan kezaliman dan menegakkan keadilan," sebut Amien Rais.

Simak video 'Asas Partai Ummat dari Amien Rais':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/tor)