Jadi Tempat Isolasi Pasien COVID-19 di DKI, JIC Berbenah

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 14:56 WIB
Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim (Foto: Sachril/detikcom)
Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim (Sachril/detikcom)
Jakarta -

Jakarta Islamic Centre (JIC) ditunjuk menjadi salah satu tempat isolasi pasien COVID-19 di DKI Jakarta. Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengungkapkan saat ini JIC tengah berbenah.

"Tempat isolasi sudah ditentukan oleh Pak Gubernur, provinsi (DKI Jakarta), ada 3 dan salah satunya di Jakarta Utara, (yakni) ada di Jakarta Islamic Center dan di situ (JIC) ada pembenahan untuk penyesuaian standar operasionalnya," kata Ali di Apartemen Ancol Mansion, Jalan Pasir Putih II, Pademangan, Jakut, Kamis (1/10/2020).

Selain pembenahan, Ali mengatakan JIC sedang melakukan penyesuaian untuk standar sarana-prasarana tempat isolasi pasien COVID-19. Namun, Ali tak menjelaskan sampai kapan pembenahan ini dilakukan.

"Berikut standar sarana prasarananya sesuai prokotol kesehatan untuk isolasi pasien COVID. Ini sedang penyesuaian dan belum ada dari pasien isolasi mandiri yang dikirim ke JIC karena sementara masih kesiapan," ungkapnya.

Selain JIC, Ali menjelaskan belum ada tempat isolasi pasien COVID-19 lagi di wilayah Jakarta Utara. Dia juga mengaku belum mendapat informasi apakah hotel-hotel atau GOR yang ada di Jakut akan dijadikan tempat isolasi.

"Untuk hotel, memang kita belum dapat informasi detail untuk di Jakarta Utara karena ini kan harus ada penunjukan dari pemerintah pusat juga terkait hotel-hotel yang sudah ditentukan (untuk menjadi tempat isolasi). Di Jakarta Utara kita masih menunggu apabila ada penambahan lagi hotel-hotel yang lain," kata Ali.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menetapkan tiga lokasi milik Pemprov untuk isolasi pasien Corona. Penetapan tiga lokasi ini dalam rangka penanganan wabah COVID-19 yang sampai saat ini belum mereda.

Penetapan tempat isolasi ini tercantum dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 979 Tahun 2020 tentang Lokasi Isolasi Terkendali Milik Pemprov DKI Jakarta dalam rangka penanganan COVID-19.

"Menetapkan Lokasi Isolasi Terkendali milik Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta dalam rangka penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dengan daftar sebagaimana tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Gubernur ini," demikian isi Kepgub, seperti dilihat, Senin (28/9).

Berikut ini daftar 3 lokasi isolasi pasien Corona milik Pemprov DKI:

1. Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (Jakarta Islamic Centre), Jalan Kramat Jaya, Tugu Utara Koja, Jakarta Utara.

2. Graha Wisata Taman Mini Indonesia Indah, Jalan Raya TMII, Cipayung, Ceger, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

3. Graha Wisata Ragunan , Komplek GOR Jaya Raya Ragunan, Jalan Harsono RM, RT 9 RW 7, Ragunan, Pasar Minggu, RT 9 RW 7, Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Simak video 'Bank Dunia akan Kucurkan Rp 178,3 T untuk Vaksin Corona':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)