Indra Mantong Pegawai KPK yang Mengabdi 14 Tahun Putuskan Mundur

Farih Maulana Sidik - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 12:24 WIB
Logo, ilustrasi, gedung Komisi Pembarantasan Korupsi (KPK)
Ilustrasi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Satu per satu pegawai KPK memutuskan mundur. Kali ini ada seorang pegawai yang sudah mengabdi selama 14 tahun di KPK yang akhirnya memilih meninggalkan lembaga antikorupsi itu.

Adalah Indra Mantong Batti. Dia saat ini bertugas sebagai pegawai fungsional utama Biro Hukum KPK. Kepergian Indra disampaikan Febri Diansyah, yang belakangan sudah menyampaikan pengunduran dirinya sebagai Kepala Biro Humas KPK.

Febri mengunggah foto diri bersama Indra di akun Instagram miliknya. Hari ini, 1 Oktober 2020, ternyata merupakan hari terakhir Indra bekerja di KPK.

"Saat kami ketemu usai jam kerja beberapa hari lalu ia bilang begini, 'Saya duluan ya, 1 oktober 2020 nanti adalah hari terakhir saya di KPK'. Oh ya, ternyata ia juga tak peduli dengan label 'pejuang' yang kadang dianggap penting bagi sebagian orang tersebut," kata Febri dalam keterangan fotonya itu.

Febri sendiri saat ini masih dalam masa cuti sebelum nantinya resmi mundur dari KPK pada 18 Oktober 2020. Febri menceritakan tentang kesannya terhadap Indra yang lebih dulu mundur dari KPK.

Indra disebut Febri sudah mengabdi di KPK selama 14 tahun lebih. Tugas Indra di Biro Hukum KPK cukup berat karena sering kali harus melawan 'serangan' hukum pada KPK melalui praperadilan.

"Dengan segala jerih dan riang ia (Indra) menata satu per satu, lapis demi lapis argumentasi hukum untuk menjawab segala 'serangan' hukum ke KPK," ucap Febri.

Pagi ini, Febri mengirimkan pesan kepada Indra Mantong melalui e-mail. Febri berterima kasih atas kontribusi dalam segala suasana saat bekerja di KPK.

"Tetaplah rendah hati dan dapat memberikan manfaat pada banyak orang. Seluruh jabatan atau posisi yang dipercayakan bukan segala-galanya, itu hanya alat dan cara untuk bisa berbuat sebaik-baiknya," tulis Febri.

View this post on Instagram

Suatu hari setelah jam kerja usai.. Namanya Indra Mantong. Sudah 14 tahun lebih di KPK. Dengan segala jerih dan riang ia menata satu persatu, lapis demi lapis argumentasi hukum untuk menjawab segala "serangan" hukum ke KPK. Saat kami ketemu usai jam kerja beberapa hari lalu ia bilang begini, saya duluan ya, 1 oktober 2020 nanti adalah hari terakhir saya di KPK. Kami juga bicara tentang apa yang bisa dilakukan dari luar sana nanti untuk tetap menjaga KPK. Oh ya, ternyata ia juga tak peduli dengan label "pejuang" yg kadang dianggap penting bagi sebagian orang tersebut. Tadi saya sampaikan juga pesan pamit melalui email begini: — Bang Indra yang baik, Terimakasih atas begitu banyak kontribusi dan sikap yang klir selama bekerja di KPK. Saya yakin, kita semua mencintai KPK dengan segala pilihan, konsekuensi, ataupun pahit dan manis yang kita teguk setiap hari selama di sini. Tetaplah rendah hati dan dapat memberikan manfaat pada banyak orang.. Seluruh jabatan atau posisi yang dipercayakan bukan segala2nya, itu hanya alat dan cara untuk bisa berbuat sebaik2nya.. Salam hormat saya, Febri Diansyah — Selamat berjuang di pertempuran lain.. di gelanggang lain 😊

A post shared by Febri Diansyah (@febridiansyah.id) on Sep 30, 2020 at 7:58pm PDT

(fas/dhn)