Round-Up

Kapolri Ingin Tempeleng Pilot dan Copot Direktur Ayam Sayur

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 07:17 WIB
Komisi III DPR pagi ini menggelar rapat kerja dengan Kapolri Jenderal Idham Azis. Ini merupakan rapat perdana Idham Azis sebagai Kapolri.
Foto: Kapolri Jenderal Idham Azis (Lamhot Aritonang/detikcom)

Tak hanya Hinca, Anggota Komisi III DPR F-Golkar Andi Rio Idris Padjalangi juga meminta Idham mengungkap bandar-bandar besar yang terlibat dalam peredaran narkoba. Andi Rio menilai saat ini baru bandar-bandar kecil yang ditangkap.

"Satu sisi di balik ini semua ada bandar-bandar besar yang bermain. Oleh karenanya, saya berharap tolong cari dan tangkap pelaku bandar-bandar besar tersebut, karena selama ini yang beredar di Sulsel maupun di kabupaten-kabupaten lain itu adalah hanya bandar-bandar kecil ataupun pedagang kecil. Kita tidak tahu siapa bandar besarnya. Sampai sekarang belum tertangkap bandar besarnya," kata Andi Rio.

Menjawab cecaran Komisi III, Idham menegaskan Polri berkomitmen memberantas narkoba. Idham menyinggung soal janjinya saat masih menjabat Kapolda Metro Jaya untuk menindak tegas bandar narkoba.

"Saya komitmen dengan masalah narkoba ini, Pak. Kalau Bapak pernah dengar ucapan saya ketika saya Kapolda Metro Jaya, rilis akhir tahun 2017, saya malah dan sampai hari ini nggak cabut perintah saya untuk menindak tegas seluruh bandar-bandar, apalagi bandarnya itu datang dari luar negeri, yang akan merusak generasi bangsa ini," ujar Idham.

Idham menekankan jajaran Polri harus menindak masalah narkoba ini sesuai SOP. Idham pun tegas mengatakan tak akan segan-segan mengganti para direktur narkoba (dirnarkoba) yang lembek memberantas narkoba.

"Yang penting melakukannya sesuai dengan SOP, tindakan tegas dan terukur sesuai dengan SOP. Bapak boleh cek semua para kapolda, saya sudah bilang sama dir narkoba, kalau dia takut-takut , saya cari pemain pengganti. Banyak ini pemain pengganti kalau dir narkobanya ayam sayur," tegas Idham.

"Jadi saya ingin semua dir narkoba saya jangan ada yang ayam sayur," lanjut dia.

Namun, Idham tak hanya tegas ke bawahan, dia juga memuji direktur narkoba di sejumlah polda yang berprestasi. Bahkan, Idham berseloroh soal nomor sepatu direktur narkoba berprestasi.

"Itu kayak Dir Narkoba Polda Metro itu bagus itu, Dir Narkoba Sumut, Riau, saya suka itu. Saya bahkan tanya nomor sepatunya itu, Pak, berapa nomor sepatunya Dir Narkoba," pungkasnya.

Halaman

(rfs/rfs)