Tim Kemenkes ke Surabaya, Bawa Misi Turunkan Angka Kematian Corona

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 30 Sep 2020 22:50 WIB
Kunjungan tim Kemenkes ke Surabaya
Kunjungan tim Kemenkes ke Surabaya (Foto: dok. Istimewa)
Surabaya -

Perwakilan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengunjungi Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian penyakit (BTKLPP) serta sejumlah rumah sakit rujukan COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur. Dalam kunjungannya, Kemenkes memberikan sejumlah bantuan terkait penanganan virus Corona.

Kunjungan tersebut berfokus pada upaya menaikkan angka kesembuhan dan menurunkan angka penularan serta kematian akibat Covid-19. Pasalnya, tingkat kematian akibat Corona di Jawa Timur masih terbilang tinggi.

"Kita harus bekerja keras dalam menurunkan angka kematian di Provinsi Jawa Timur ini, dengan lebih ketat menerapkan protokol kesehatan di tiap Kabupaten di Provinsi Jawa Timur, definisi operasional juga harus benar-benar dijalankan dengan baik, mana yang meninggal karena COVID-19 atau karena adanya penyakit penyerta sesuai dengan panduan yang ada, baik dari WHO maupun Kementerian Kesehatan," ungkap Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Kesehatan Kementerian Kesehatan, M Subuh, dalam keterangannya, Rabu (30/9/2020).

Dalam kesempatan itu, tim Kemenkes memberikan sejumlah bantuan. Bantuan itu berupa peralatan terkait penanganan Corona.

Di antaranya hansdcoen 30 kotak, cool box 6 buah, ice gel 50 pak, kantong plastik bio H2 250 lembar, transpot swab 300 buah, termometer stainless 6 buah, tisu 15 kotak, plastik klep 9 pak.

"Dan bantuan untuk Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur berupa masker hijab sejumlah 40 boks," lanjutnya.

Setelah mengunjungi RSUD dr Soetomo Surabaya, tim Kemenkes turut meninjau rumah sakit rujukan Corona lainnya di Jawa Timur.

(isa/dhn)