Ditjen Pas Akui Petugas Lalai Terkait Kaburnya Napi Narkoba dari LP Tangerang

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 30 Sep 2020 19:40 WIB
Cai Cangphan, Narapidana Narkoba yang Kabur dari Lapas Tangerang
Cai Changpan (Foto: dok. Dittipidnarkoba Bareskrim Polri)
Jakarta -

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) mengakui adanya kelalaian petugas Lapas Tangerang terkait kaburnya narapidana narkoba WN China, Cai Changpan. Ditjen Pas menyebut ada kelalaian petugas saat shifting sehingga Cai Changpan tidak terpantau telah melarikan diri.

"Kalau dari pemeriksaan kami, indikasi keterlibatan atau terlibat dalam pelarian Cai Changpan dari petugas kami ini belum ada. Tapi kalau adanya kelalaian, iya," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen Pas Rika Aprianti saat dihubungi, Rabu (30/9/2020).

Rika juga menyebut memang ada kelalaian petugas Lapas sehingga akhirnya hampir 11 jam kemudian Cai Changpan baru diketahui melarikan diri. Dia mengatakan ada kelalaian terkait shifting petugas Lapas saat malam hari dan pagi hari.

"Kalau ditanya mengenai mengapa 11 jam baru diketahui? Ya, memang ada kelalaian dari petugas kami," ucap Rika.

"Salah satunya adalah penghitungan yang harusnya aplus, jadi di shift kedua justru, kalau shift malam memang sudah, kalau di pagi itu kan memang ada penghitungan penghuni pada saat pergantian jaga. Di situ memang adanya kelalaian dari petugas kami," sambungnya.

Meski demikian, Rika memastikan belum ditemukan dugaan keterlibatan oknum Lapas terkait larinya Cai Cangphan.

"Sekali lagi, kalau keterlibatan dalam pelarian, itu sampai saat ini belum ada indikasi seperti itu," imbuhnya.