Siapa Ketum Partai Baru Amien Rais?

Elza Astari Retaduari - detikNews
Rabu, 30 Sep 2020 18:05 WIB
Amien Rais hadiri Rakernas PAN, Sabtu (7/12/2019).
Amien Rais (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Amien Rais akan mengumumkan nama dan mukadimah partai barunya besok. Meski begitu, ketua umum partai sempalan PAN itu belum dipastikan Amien Rais.

"Tunggu saja saat deklarasi akan diumumkan siapa ketua umumnya," ujar loyalis Amien Rais, Putra Jaya Husin, dalam perbincangan dengan detikcom, Rabu (30/9/2020).

Husin menyebut ketum partai bentukan Amien Rais masih dalam penggodokan. Saat ditanya kemungkinan anak Amien Rais, Hanafi Rais, yang akan menjadi ketum partai baru itu, Husin juga masih menjawab diplomatis.

"Masih digodok, masih bisa berubah sampai sehari sebelum deklarasi," sebutnya.

Nama ketum partai baru Amien Rais disebut masih bisa berubah. Amien Rais dan para loyalisnya tengah membahas.

"Kan selalu begitu, sebelum diumumkan, segala sesuatu masih bisa berubah," ucap Husin.

Dia hanya memastikan nama partai baru Amien Rais bukan PAN Reformasi, seperti yang disebut-sebut sebelumnya. Ia juga mengatakan tak ada hubungan lagi antara partai baru Amien Rais dengan PAN.

Elite PAN mengundurkan diriPutra Jaya Husin (Foto: dok. Istimewa)

"Yang pasti nama partainya betul-betul baru, tidak ada hubungannya sama sekali dengan partai lama," tegas Husin.

Soal apakah garis partai baru itu sama seperti PAN, Husin tak menjawab lugas. "Partai berasas Islam rahmatan lil alamin, semboyan partainya 'Tegakkan Keadilan, Lawan Kezaliman'," ucapnya.

Seperti diketahui, pendiri PAN itu akan mengumumkan nama dan mukadimah partai barunya besok. Loyalis Amien, Agung Mozin, memastikan nama partainya bukan PAN Reformasi.

"Jadi besok itu Pak Amien akan mengumumkan nama partai baru, dan partai baru itu betul-betul lepas dari nama yang ada dengan amanat dan lain-lain. Pokoknya itu nama baru, betul-betul baru dan memang gres," kata Agung saat berbincang dengan detikcom, Rabu (30/9).

Perihal pembentukan partai baru Amien muncul setelah gelaran Kongres Ke-5 PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, pada Februari 2020, yang memenangkan kembali Zulkifli Hasan sebagai ketua umum. Rencananya partai baru Amien akan dideklarasikan pada Desember 2020.

(elz/tor)