21 Ribu Pelanggar Prokotol Kesehatan Terjaring Operasi Yustisi di Sulut

Audrey Santoso - detikNews
Rabu, 30 Sep 2020 15:46 WIB
Kapolda Sulut Irjen Panca Putra bersama TNI dan Pemprov Sulut mengkampanyekan protokol kesehatan
Kapolda Sulut Irjen Panca Putra bersama TNI dan Pemprov Sulut mengkampanyekan protokol kesehatan. (Foto: dok. Istimewa)
Manado -

Sebanyak 21 ribu warga di Sulawesi Utara (Sulut) terjaring operasi yustisi yang digelar selama dua pekan terakhir. Operasi ini dilakukan personel Polda Sulut dan jajaran polresnya, TNI, Satpol PP, Dishub, dan BPBD serta Dinas Kesehatan Pemprov Sulut.

"Hasil kegiatan operasi yustisi sejak 14 sampai 28 September, sudah lebih dari 21 ribu warga kami tegur maupun sanksi karena melanggar protokol kesehatan dalam rangka menanggulangi dan mencegah penyebaran virus Corona," kata Kapolda Sulawesi Utara Irjen Panca Putra kepada detikcom, Rabu (30/9/2020).

Panca mengatakan, dari 21 ribu orang yang terjaring Operasi Yustisi, ada 7.741 yang diberi sanksi, salah satunya push up. Sementara sisanya hanya diberi teguran.

"Sanksinya sanksi sosial, seperti ada yang dikasih papan gantungan dengan tulisan 'saya tidak pakai masker, jangan tiru saya', dan ada yang dicatat identitasnya, serta disuruh push up, dan sebagainya," papar Panca.

Panca menerangkan dalam operasi Yustisi, Polda Sulut mengerahkan 974 personelnya, dibantu 305 personel TNI, 257 personel Satpol PP, 36 personel Dishub, 23 petugas BPBD dan 13 petugas Dinas Kesehatan Sulut. Operasi dilakukan di 1.305 pos dan 1.962 titik jalan serta tempat umum.

Panca menyampaikan, Polda Sulut menggelar Gerakan Sulut Sejuta Masker. Selasa (29/9) kemarin, Gerakan Sulut Sejuta Masker dimulai.

"Dengan tagar 'Marijo Pake Masker', kegiatan ini merupakan bagian dalam upaya melakukan pencegahan COVID-19 di Provinsi Sulawesi Utara. Berbagai upaya pencegahan telah dilakukan bersama dengan Satgas dan Forkopimda, antara lain sosialisasi arti pentingnya 4M," ucap Panca.

"Tujuan Gerakan Sulut Sejuta Masker ini adalah bagaimana kita seluruh elemen mengingatkan masyarakat untuk tetap menjadikan masker sebagai gaya hidup baru, di tengah pandemi COVID-19," sambung dia.

Masih kata Panca, Gerakan Sulut Sejuta Masker ini dilakukan dengan pembagian masker di kurang-lebih 1.500 titik di seluruh Sulawesi Utara, mulai dari tingkat desa, dengan total masker yang dibagikan sebanyak 1.150.000 masker. Polda Sulut sendiri melaksanakan pembagian masker gratis kepada warga di 27 titik yang tersebar di Kota Manado dan sekitarnya.

(aud/fjp)