Cegah Pengungsian Banjir Jadi Klaster Corona, Ini Langkah Pemprov DKI

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 30 Sep 2020 11:13 WIB
Anies Pimpin Apel Pasukan Siaga Banjir Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin apel kesiapan tanggap bencana banjir. (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai melakukan serangkaian persiapan pencegahan banjir di tengah pandemi virus Corona yang belum usai. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan ada dua langkah yang pihaknya persiapkan terkait hal tersebut.

"Kita sudah siapkan dua prosedur. Satu, evakuasi. Dua, adalah tempat pengungsian mengikuti protokol kesehatan," kata Anies di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (30/9/2020).

Khusus tempat pengungsian sendiri, Anies mengaku hal itu telah menjadi perhatiannya guna menghindari penumpukan warga di tenda-tenda pengungsian.

Untuk itu, Anies mengaku telah menyiapkan lebih banyak tenda pengungsian sementara. Dia berharap jika nanti warga Jakarta terpaksa mengungsi akibat banjir, tempat pengungsian tidak menjadi klaster baru Corona.

"Jadi di tempat-tempat yang biasanya hanya dipasang satu tenda. Maka kali ini tendanya harus lebih banyak lagi supaya jumlah mereka yang di dalam satu tenda itu mengikuti ketentuan protokol kesehatan," jelasnya.

"Dan kita pasti sekarang sudah disiapkan dan mudah-mudahan tidak kejadian. Tapi kalau kejadian kita siapkan dengan protokol kesehatan," sambungnya.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pagi ini memimpin apel terkait kesiapan tanggap bencana banjir di wilayah DKI Jakarta. Dalam sambutannya tersebut, Anies mengingatkan pentingnya sinergi semua unsur dalam menghadapi banjir di Jakarta.

Apel yang dilaksanakan di lapangan promoter Mapolda Metro Jaya ini diikuti oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana, Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman, hingga sejumlah Kapolres di wilayah hukum Polda Metro serta unsur TNI dan Satpol PP.

"Ini adalah wujud kemitraan dan sikap tanggap yang solid antarinstitusi yang ada di wilayah Pemprov DKI Jakarta untuk bersama-sama menjaga mewujudkan keamanan, ketentraman bagi seluruh warga Jakarta, khususnya saat musim hujan akan datang," kata Anies dalam arahannya di lokasi.

(mei/mei)