Anies Jelaskan 3 Kata Kunci untuk Tangani Banjir Jakarta

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 30 Sep 2020 10:11 WIB
Anies Pimpin Apel Pasukan Siaga Banjir Jakarta
Foto: (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Memasuki musim penghujan di bulan September 2020, sebagian wilayah Jakarta mengalami banjir. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut, ada 3 kunci dalam menghadapi bencana banjir ini.

"Karena itu saya berharap dalam kesempatan ini, ada tiga kata kunci yang kita pegang bersama yaitu (1) siaga, (2) tanggap, (3) galang," kata Anies Baswedan saat memimpin Gelar Pasukan Apel Kesiapan Tanggap Banjir di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (30/9/2020).

Anies mengatakan, seluruh masyarakat harus siaga ketika terjadi hujan besar di kawasan hulu maupun lokal.

"Siaga artinya, kita memantau terus bila di kawasan hulu terjadi hujan yang amat lebat, kita siaga di Jakarta. Bila BMKG mengumumkan bahwa akan terjadi hujan lokal yang lebat, maka Jakarta siaga," katanya.

Yang kedua, seluruh pihak harus siap tanggap ketika terjadi banjir. Seluruh pihak harus merespons cepat kejadian banjir yang terjadi di DKI Jakarta.

"Dan kita tanggap ketika terjadi mulai genangan, ketika terjadi mulai banjir maka respons cepat harus kita lakukan," katanya.

Kunci yang ketiga yakni galang, di mana seluruh elemen TNI-Polri dan Pemprov DKI harus menggalang kekuatan bersama dalam menghadapi bencana banjir. Menurutnya, masalah banjir tidak akan terselesaikan jika tiga pilar ini tidak bekerja bersama.

"Ketika berhadapan dengan bencana banjir, tidak mungkin dikerjakan hanya sendirian, tidak mungkin hanya unsur polisi, tidak mungkin hanya unsur TNI, tidak mungkin hanya unsur Pemprov," tuturnya.

"Oleh karena itu tiga unsur ini harus bekerja bersama untuk menggalang seluruh kekuatan masyarakat, bahu membahu ketika kita menghadapi ancaman bencana banjir
seperti yang kita hadapi awal tahun ini," tandas Anies.

Lihat juga video 'Melihat Keganasan Banjir di Kabupaten Donggala, Rendam Puluhan Rumah!':

[Gambas:Video 20detik]



(mei/fjp)