Bupati-Kapolres Intan Jaya Minta Masyarakat Saling Jaga Keamanan

Wilpret Siagian - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 19:36 WIB
Suasana Pertemuan Pemda, TNI-Polri dan Tokoh- Tokoh di kabupaten Intan Jaya, Selasa (29/9)
Suasana pertemuan pemda, TNI-Polri, dan tokoh di kabupaten Intan Jaya, Selasa (29/9). (Wilpret Siagian/detikcom)
Jayapura -

Bupati Intan Jaya, Natalis Tabuni, mengajak seluruh elemen masyarakat dan tokoh-tokoh di kabupaten Intan Jaya, Papua, menjaga keamanan di wilayah tersebut. Hal senada diungkapkan oleh Kapolres Intan Jaya AKBP I Wayan G Antara.

Natalis Tabuni menyampaikan arahan itu dalam rapat bersama pemda, TNI-Polri, dan tokoh-tokoh masyarakat guna membahas masalah keamanan di Kabupaten Intan Jaya, Selasa (29/9/2020). Rapat yang berlangsung di Lapangan Apel Kantor Bupati Kabupaten Intan Jaya.

"Karena sudah ada terkonfirmasi COVID-19, pertemuan ini kita adakan di tempat terbuka dan seluruh hadirin wajib memakai masker," ujar Natalis Tabuni saat memulai rapat.

Natalis mengaku prihatin terhadap adanya konflik bersenjata di Kabupaten Intan Jaya. Konflik ini berdampak pada aktivitas perekonomian.

"Karena kejadian pembacokan dan penganiayaan terhadap dua tukang ojek, sehingga ojek dan aktivitas masyarakat di Distrik Titigi, Homeyo, dan Wandai lumpuh. Hal lain para guru, dokter, dan kontraktor semua ketakutan, mulai Desember 2019 sampai hari ini," jelasnya.

Natalis kemudian mengajak komponen TNI-Polri, pihak gereja, tokoh-tokoh adat, agama, dan seluruh lapisan masyarakat yang ikut pada rapat itu untuk menyampaikan saran, kritik, dan masukan kepada pemda serta TNI-Polri.

Sementara itu, Danrem 173/PVJ Brigjend TNI Iwan Setiawan mengatakan TNI dan Polri datang untuk memberikan solusi. Juga memberikan rasa aman kepada seluruh lapisan masyarakat.

"Saya Danrem 173 turut bertanggung jawab atas keamanan di Kabupaten Intan Jaya. Jangan ada orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Bupati, tokoh agama-adat harus tegas karena kejadian-kejadian yang sudah terjadi memberikan dampak negatif terhadap keamanan maupun perekonomian di Kabupaten Intan Jaya," kata Iwan dalam rapat itu.

Selanjutnya
Halaman
1 2