Aktif Kerja Sama-Tangani Karhutla, 9 Tokoh Sumsel Dapat Wing Penerbang AU

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 17:15 WIB
9 Tokoh Sumsel mendapat Wings Penerbang TNI AU.
Sembilan tokoh Sumsel mendapat wing penerbang TNI AU. (Raja Adil Siregar/detikcom)
Palembang -

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru hingga Kapolda Sumsel Irjen Eko Indra menerima wing kehormatan terbang layang dari Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang (SMH) Kolonel Pnb Firman Wirayuda. Penghargaan itu diberikan atas kerja sama yang berjalan baik, salah satunya dalam menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Penyematan wing kehormatan dilakukan di Base Ops Lanud SMH, Palembang. Terlihat ada sembilan tokoh di Bumi Sriwijaya yang menerima penghormatan dari TNI AU.

"Penyematan ini setelah kolaborasi antara kami dan semua forkopimda berjalan dengan baik. Termasuk salah satunya kita bisa mengatasi karhutla berkat kolaborasi bersama," tegas Firman kepada wartawan, Selasa (29/09/2020).

Sebagai Danlanud, Firman mengaku kerja sama antartokoh di Bumi Sriwijaya selama ini berjalan baik. Selain karhutla, kolaborasi itu Firman menargetkan renovasi gedung bandara lama sebagai gedung Satgas Karhutla di Sumsel.

"Saya bersyukur selama ini ada sinergi dari TNI AU dan Pemprov Sumsel. Termasuk ya dari Pemprov akan merenovasi gedung kita untuk kepentingan bersama mengatasi karhutla, gedung serbaguna yang nantinya bisa dimanfaatkan bersama," kata Firman.

Sementara itu, Gubernur Herman Deru mengaku penyematan wing terhadap dirinya dan delapan tokoh lain sebagai salah satu penghormatan TNI AU. Kini Herman Deru mengaku punya tanggung jawab menjaga marwah TNI AU.

"Terima kasih kami sudah menjadi keluarga TNI AU setelah penyematan ini. Tentunya kami selama ini telah menjalin silaturahmi erat dengan forkopimda dan TNI AU. Jadi peran TNI AU dalam penanganan karhutla juga sudah maksimal mereka. Ada titik api, tapi tidak ada asap dan kualitas udara bisa terkendali," kata Herman Deru seusai penyematan.

"Tentu kita akan sama-sama menjaga kehormatan ini, ini marwah baik dan kami siap menjaga ini. Salah satunya setelah dapat ini, saya instruksikan gedung bengkok ini dikembalikan seperti semula menjadi markas terpadu Satgas Karhutla," tutur Herman Deru.

Adapun penerima wing selain Gubernur adalah Ketua DPRD Sumsel Anita, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, Kapolda Irjen Eko Indra, Kajati Wisnu Baroto, Kasdam Sriwijaya Brigjen TNI Zamroni. Selanjutnya ada Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan, Danrem Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji hingga Danlanal Kolonel Laut (P) Filda Malari.

Simak video 'Polri Tetapkan 136 Orang dan 2 Korporasi Jadi Tersangka Karhutla':

[Gambas:Video 20detik]



(ras/idh)