Profil Greg Fealy, Profesor ANU yang Tuding Jokowi Represif ke Islam Radikal

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 15:19 WIB
pengamat Greg Fealy
Greg Fealy (Enggran Eko Budianto/detikcom)
Jakarta -

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi membantah Greg Fealy, yang menyebut pemerintahan Presiden Jokowi 'anti-Islamist'. Greg Fealy dikenal sebagai peneliti yang memiliki fokus pada tema Islam politik di Indonesia. Dia pernah meneliti soal NU dan PKS.

Dalam tulisannya, Greg menjelaskan 'Islamist' yang dimaksud adalah sekolompok orang yang ingin menjadikan hukum dan nilai Islam sebagai hukum dan nilai publik. Kaum Islamis ini, kata Greg, bisa berjuang di sistem demkorasi ataupun menempuh jalan sebagai jihadis. Dalam bahasa Indonesia, definisi tersebut dekat dengan frase 'Islam Radikal'.

Dikutip dari situs Australian National University (ANU), Greg Fealy saat ini menjabat Associate Professor dan Senior Fellow Politik Indonesia, Departemen Perubahan Politik dan Sosial, Bell School of Asia-Pacific Affairs.

Dia meraih gelar MA dan PhD dari Monash University. Selama kariernya, dia pernah menjabat Kepala Departemen Perubahan Sosial dan Politik, ANU (2013-2018) serta Ketua Lembaga Australia-Indonesia di Departemen Luar Negeri dan Perdagangan (2016-sekarang).

Selain itu, dia pernah menjabat Direktur Program Beasiswa Pendidikan Islam (PIES) (2012-sekarang); Profesor Tamu dalam Politik Indonesia di Johns Hopkins School of Advanced International Studies, Washington DC (2003); Lady Davis Trust Profesor Tamu dalam Studi Asia dan Perbandingan Agama di Universitas Ibrani, Yerusalem (2019-2020); Analis Indonesia di Pemerintah Australia (1997-1999); dan konsultan program masyarakat sipil, pemilu dan pendidikan Islam Indonesia.

Greg Fealy menaruh minat pada kajian politik dan Islam di Indonesia. Bahkan disertasinya mengulas soal sejarah organisasi muslim tradisionalis, Nahdlatul Ulama. Disertasi itu kemudian diterbitkan menjadi buku berjudul 'Ijtihad Politik Ulama: Sejarah NU 1952-1967'.

Bukunya yang lain, yang cukup populer di kalangan pengkaji Islam politik ialah 'Ustadz Seleb: Bisnis Moral & Fatwa Online, Ragam ekspresi Islam Indonesia Kontemporer' dan 'PKS dan Kembarannya: Bergiat Jadi Demokrat di Indonesia, Mesir & Turki'.

Sebelumnya, Greg Fealy menuangkan pandangannya soal pemerintahan Jokowi dalam tulisan yang dimuat di East Asia Forum pada 27 September 2020. Artikel di situs East Asia Forum ini diambil dari makalah terbaru Greg yang berjudul, 'Jokowi in the COVID-19 Era: Repressive Pluralism, Dynasticism and Over-Bearing State' yang akan terbit di Bulletin of Indonesian Economic Studies dan dimuat dalam ANU Indonesia Update 2020.

(Judul dan sebagian isi berita ini telah disesuaikan Kamis (1/10/2020) pukul 17.30 WIB. Redaksi menambahkan penjelasan lebih lanjut soal pengertian kaum Islamis di tulisan Greg)

Simak juga video 'Kritik-kritik Tajam Amien Rais Untuk Pemerintahan Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2