Tim Cek Endra Klaim Inisiatif Sendiri Batalkan Acara, Bawaslu: Itu Dibubarkan

Ferdi Almunanda - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 14:46 WIB
Kumpulkan Massa, Kampanye Cagub Jambi Cek Endra Dibubarkan Bawaslu
Acara kampanye yang dihadiri Cek Endra dibubarkan Bawaslu (Foto: dok. Istimewa)
Jambi -

Kubu paslon cagub-cawagub Jambi, Cek Endra-Ratu Munawaroh, mengklaim acara kampanye yang dihadiri Cek Endra tak dibubarkan, melainkan batal karena inisiatif sendiri. Bawaslu berkata lain.

"Dari mana bilang itu tidak dibubarkan? Yang jelas, kami Bawaslu yang membubarkan acara itu. Di sana pula ada paslon dan apalagi massa juga sudah berorasi. Mereka bilang bukan dibubarkan. Kami tetap komitmen bahwa kegiatan paslon Cek Endra itu kami benar bubarkan," kata Ketua Bawaslu Bungo Abdul Hamid kepada wartawan, Selasa (29/9/2020).

Hamid menyebut pihak Bawaslu sempat membawa Cek Endra ke salah satu rumah warga. Cek Endra dibawa ke rumah warga karena acara yang dihadirinya dinilai tak mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Kita datang ke acara itu paslon itu ada di sana. Ia sudah mengikuti acara itu, lalu kita panggil dia dan kita amankan ke rumah warga, dan bahkan ada massa yang sedang lagi berorasi. Yang jelas, acara itu kami yang hentikan dan bubarkan karena tidak mematuhi protokol kesehatan," ujar Hamid.

Hamid juga menjelaskan dasar hukum pihaknya membubarkan acara tersebut. Dia mengatakan Bawaslu berhak membubarkan acara jika dinilai tak memenuhi protokol kesehatan seperti yang diatur.

"Saya harus menjalankan semua tugas saya sesuai aturan yang ada. Tidak ada perbedaan, yang jelas karena kegiatan acara yang digelar paslon itu salah, berhak saya bubarkan. Jika mereka menyebut itu adalah inisiatif paslon yang menghentikan kegiatan, namun yang pasti itu acara kita bubarkan dan pembubaran juga berjalan tertib," ujar Hamid.

"Ini sesuai PKPU Nomor 13 Tahun 2020 atas larangan adanya kegiatan yang mengumpulkan massa di masa pandemi Corona dan PKPU 13 Tahun 2020 ini regulasi sudah jelas dan mesti dipatuhi setiap paslon yang maju di pilkada. Jangan menyalahi aturan karena kita tidak akan segan-segan memberikan sanksi, baik dari tertulis bahkan sanksi pidana maupun diskualifikasi di pilkada," sambungnya.

Sebelumnya, Bawaslu membubarkan acara yang dihadiri cagub Jambi Cek Endra. Acara yang dibubarkan tersebut digelar di Desa Lubuk Landai, Kecamatan Tanah Sepenggal, Kabupaten Bungo, Jambi, pada Minggu (27/9).

Pembubaran dilakukan karena acara tersebut mengumpulkan massa yang tak sesuai dengan aturan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Meski demikian, kubu Cek Endra menepis acara tersebut dibubarkan. Pihak Cek Endra mengatakan acara itu batal karena inisiatif Cek Endra yang menilai kegiatan tak memenuhi standar protokol kesehatan.

"Jadi kegiatan yang kemarin itu bukan bersifat pembubaran, tidak ada yang namanya pembubaran, yang ada pada saat itu, Bawaslu datang dan memberikan pemberitahuan terkait acara yang berlangsung karena tidak standar COVID. Sebenarnya Bapak Cek Endra juga awalnya juga sudah melihat di lokasi bahwa memang tidak standar protokol kesehatan, makanya Bapak juga meminta tidak melanjutkan kegiatan di situ," kata jubir timses Cek Endra-Ratu Munawaroh, Desy Ariyanto.

(haf/haf)