Lift Terbakar di Gedung DPR Sedang Dipugar, Berapa Nilai Proyeknya?

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 14:10 WIB
Teuku Agam Saifudi
Lift di gedung Nusantara I DPR yang sempat terbakar. (Zhacky/detikcom)
Jakarta -

Lift anggota DPR di gedung Nusantara I, kompleks parlemen, terbakar. Rupanya lift tersebut tengah dalam proses peremajaan fasilitas gedung DPR.

Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR Agung Budi Santoso menjelaskan peremajaan dilakukan karena lift tersebut sudah digunakan cukup lama. Sejak dibangun 26 tahun lalu, belum pernah dilakukan perbaikan lift tersebut.

"Liftnya perlu dilakukan peremajaan mengingat sudah tua dan dengan bertambahnya jumlah orang yang bekerja di gedung Nusantara I. Dan sejak dibangun tahun 1994 (sudah 26 tahun), liftnya belum pernah dilakukan peremajaan," kata Agung saat dihubungi, Selasa (29/9/2020).

Dihubungi terpisah, Sekjen DPR RI Indra Iskandar menjelaskan proyek peremajaan lift itu dilakukan sejak Maret 2020. Nantinya, peremajaan lift di kompleks parlemen akan dilakukan secara bertahap.

"(Proyek peremajaan) dari 4-5 bulan lalu, Maret-lah. Itu sementara (lift) anggota, nanti bertahap semua akan direnov, itu kan lift-lift lama semua itu," jelas Indra.

Proyek peremajaan lift ditargetkan selesai pada November 2020. Menurut Indra, nantinya proyek itu akan berlanjut untuk lift-lift lain di gedung DPR.

"Sudah (direncanakan), tahun depan juga. Kita bertahap semua diremajakan. November ini selesai, tapi kita usahakan cepat ya, Oktober nanti kita lihat," ujarnya.

Indra menjelaskan anggaran proyek peremajaan lift itu termasuk dalam APBN 2020. Namun, saat disinggung besaran anggaran proyek tersebut, Indra mengaku tidak hafal angkanya.

"Iya, dianggarkan tahun ini. Kalau APBN kan dianggarkan, mana mungkin kegiatan jalan kalau nggak ada anggarannya. (Jumlahnya) wah saya nggak hafal kalau anggaran, itu teknis banget kalau itu sih," ujar Indra.

Dilihat di lpse.dpr.go.id, proyek terkait lift di gedung Nusantara I ada pada 2019. Tender proyek tersebut bernama 'Konsultan Perencana Pengadaan dan Pemasangan Lift Gedung Nusantara I DPR RI', dengan nilai Harga Perkiraan Sendiri (HPS) Rp 1,4 miliar, dengan keterangan tender sudah selesai. Tak tertera data soal proyek peremajaan lift gedung Nusantara I pada tahun 2020.

Proyek lain terkait lift di gedung DPR tahun anggaran 2020 adalah 'Pengadaan dan Pemasangan Lift Gedung Nusantara II DPR RI' dengan nilai HPS Rp 5 miliar dan 'Pengadaan dan Pemasangan Lift Gedung Setjen DPR RI' dengan nilai Rp 5,9 miliar.

Sebelumnya, asap sempat muncul di gedung DPR, kompleks parlemen, Senayan. Ternyata lift di gedung Nusantara I DPR terbakar hebat.

Penampakan lift terbakar hebat ini terekam dalam sejumlah video. Api tampak berkobar di lift tersebut. Petugas terlihat berupaya memadamkan api.

Asap dari kebakaran itu bahkan sampai ke lantai-lantai anggota DPR di gedung Nusantara I DPR. Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengonfirmasi lift di gedung Nusantara 1 DPR terbakar.

"Lift anggota DPR di Nusantara I terbakar," kata Dasco kepada wartawan, Selasa (29/9).

(azr/tor)