Keluarga Bongkar Makam Pasien COVID-19 di Sumbar, Ini Alasannya

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 12:23 WIB
Poster
Ilustrasi pemakaman pasien Corona. (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Makam pasien Corona (COVID-19) di Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), dibongkar pihak keluarga. Pembongkaran makam dilakukan setelah pihak keluarga menerima hasil swab pasien berinisial BH (60) itu negatif COVID-19.

"Memang ada pembongkaran di situ. Namun setelah kita cek, dari pihak keluarga sudah konfirmasi dahulu ke wali nagari dan polsek. Dengan tujuan untuk mengecek jenazah di dalam kubur karena posisinya sudah negatif Corona juga kan," kata Kasat Reskrim Polres Pariaman Kota, AKP Ardiansyah Rolindo, kepada wartawan, Selasa (29/9/2020).

Makam dibongkar pada Senin (28/9) kemarin di Nagari Campago Selatan, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Padang Pariaman, Sumbar. Rolindo mengatakan pihak keluarga tidak sampai memindahkan jenazah dari kubur tersebut.

Dia mengatakan pihak keluarga hanya ingin memastikan kondisi jenazah yang dimakamkan. Pihak keluarga langsung membenarkan posisi jenazah setelah mengetahui jenazah dalam kondisi telungkup.

"Ternyata setelah dicek, posisinya telungkup. Tidak sesuai dengan ketentuan agama Islam. Jadi mungkin karena terburu-buru, jadi posisi jenazah yang semestinya menghadap kiblat tapi terbalik. Pada saat dicek, posisi jenazah telungkup, jadi kan tidak sesuai dengan posisi semestinya. Jadi sekalian dibenarkan," ujar dia.

Dia mengatakan pihak keluarga langsung menutup kembali makam setelah posisi jenazah dibuat mengarah ke kiblat.

"Setelah hasil swab negatif, pihak keluarga memberanikan untuk membongkar makam. Setelah itu dikebumikan lagi. Jadi mereka berani melakukan juga karena hasil swab sudah keluar. Tidak sampai memindahkan jenazah, hanya membenarkan posisi jenazah lalu dikebumikan kembali," ungkapnya.

(jbr/idh)