SIDAK 28 September: 5 Berita Teraktual Hari Ini

Dwi Andayani - detikNews
Senin, 28 Sep 2020 22:05 WIB
Covid-19: Donald Trump sengaja meremehkan virus corona padahal tahu sejak awal virus itu mematikan, sebut buku karya wartawan senior
Foto: BBC World
Jakarta -

Trump dilaporkan tak bayar pajak selama 10 tahun menjadi perbincangan hari ini. Selain itu, bocah di Bekasi yang lapor polisi mengaku dibegal ternyata maling kotak amal juga ramai dibicarakan.

Rangkuman berita-berita popular itu ditampilkan dalam tayangan video, berjudul SIDAK!: 28/9/2020 KABAR MASKER KAIN SNI HINGGA BOCAH BEKASI BIKIN ULAH! yang diunggah oleh akun Youtube CXO Media. Rangkuman berita setiap harinya, dikemas secara ringan dan ditayangkan setiap pukul 21.00 WIB.

Berikut 5 berita populer hari ini:

1. Ketentuan Masker Kain Sesuai SNI untuk Cegah Virus Corona

Kementerian Perindustrian merumuskan Standar Nasional Indonesia (SNI) masker kain. Terdapat sejumlah ketentuan dan persyaratan yang harus dipenuhi agar sebuah masker kain memenuhi SNI.

Dilansir CNN, SNI masker kain ini disusun oleh Komite Teknis SNI 59-01, Tekstil, dan Produk Tekstil dengan melibatkan akademisi, peneliti, laboratorium uji, Satgas COVID-19, dan industri produsen masker kain dalam negeri.

"Dengan standar mutu dan pengujian yang jelas serta prosedur pemakaian, perawatan dan pencucian yang termuat dalam SNI masker dari kain ini, masyarakat dapat lebih terlindungi sekaligus membantu memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19," jelas Menperin, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita dikutip dari Antara.

Dalam SNI tersebut, masker kain diklasifikasikan dalam tiga tipe yakni Tipe A untuk penggunaan umum, Tipe B untuk penggunaan filtrasi bakteri, dan Tipe C untuk penggunaan filtrasi partikel.

2. Trump Dilaporkan Tak Bayar Pajak Selama 10 Tahun

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, dilaporkan hanya membayar pajak penghasilan federal sebesar US$ 750 pada tahun 2016, saat dia memenangkan pemilihan presiden (pilpres). Laporan menyebut Trump tidak membayar pajak penghasilan selama 10 tahun dari 15 tahun terakhir.

Seperti dilansir Channel News Asia, Senin (28/9/2020), hal tersebut dilaporkan oleh media terkemuka AS, The New York Times (NYT), yang mengutip data pengembalian pajak Trump selama lebih dari 20 tahun terakhir. Menurut laporan NYT, Trump juga hanya membayar US$ 750 (Rp 11,2 juta) pada tahun pertamanya di Gedung Putih.

Tidak hanya itu, NYT juga melaporkan bahwa Trump tidak membayar pajak pendapatan sama sekali selama 10 tahun dari 15 tahun sebelumnya karena dia melaporkan kehilangan lebih banyak uang daripada yang dia hasilkan.

Dalam tanggapannya, Trump membantah laporannya dan menyebutnya sebagai 'berita yang benar-benar palsu'.

"Pertama-tama, saya telah membayar banyak dan saya telah membayar banyak pajak pendapatan juga ... Itu semua akan diungkap," tegas Trump dalam tanggapannya.

3. Lapor Polisi Ngaku Dibegal, Bocah di Bekasi Ini Rupanya Maling Kotak Amal

Seorang bocah 12 tahun di Bekasi, Jawa Barat, melapor ke polisi dan mengaku bahwa dirinya jadi korban begal. Namun, setelah diselidiki, ternyata bocah tersebut maling kotak amal masjid.

Kanit Reskrim Polsek Pondok Gede AKP Supriyanto mengatakan peristiwa itu terjadi di Musala Ar-Rahman, Pondok Melati, Kota Bekasi, Kamis (23/9) lalu. Mulanya, bocah berinisial NA itu hendak mencuri kotak amal.

Ia menekan kaca kotak amal bagian atas dengan tangannya. Kotak amal itu jebol. Namun, tangannya terluka terkena goresan kaca dan darah bocah itu berceceran.

"Kotak amalnya kan atasnya kaca tuh, itu dari atas dia nekan, begitu ditekan, tangan masuk, kena kaca," ujar Supriyanto ketika dihubungi detikcom, Senin (28/9/2020).

Supriyanto menyebut bocah itu mengaku dibegal di Pasar Kecapi pada pukul 12.00 WIB. Polisi langsung melakukan penyelidikan dan korban pun divisum.

"Kita telusuri ternyata dia ngambil kotak amal kena kaca tangannya," lanjut Supriyanto.

4. Kepobakan Raja Kokain Pablo Escobar Temukan 18 Juta Dolar di Tembok Rumah

Nicolas Escobar menceritakan kepada media lokal, dia menemukan sebuah persembunyian di dinding rumah di Medellin, Kolombia, yang digunakan pamannya Pablo Escobar sebagai markas besar sindikat narkoba dan kokain.

Jaringan berita Red Mas Noticias hari Rabu (23/9) melaporkan, keponakan Pablo Escobar menemukan kantong plastik yang disembunyikan dalam dinding berisi uang senilai 18 juta dolar AS.

Nicolas Escobar menceritakan, dia tadinya mencium bau tidak sedap dari bagian tertentu di rumah itu. Setelah membongkar dinding, dia menemukan tempat persembunyian itu. Selain ada uang, kantong plastik itu juga berisi berisi bongkahan emas, radio komunikasi, tape perekam, mesin tik, pena dan kamera. Tapi karena sudah terlalu tua, film di kamera itu tidak bisa diproses lagi.

5. Sidak Olahraga

Sidak menyoroti berita aktual olahraga selama sepekan. Salah satunya Manchester City yang kalah 2-5 dari Leicester City.

Manchester City vs Leicester tersaji di Etihad Stadium, Minggu (27/9) malam WIB. Manchester Biru sempat unggul duluan di menit keempat lewat Riyad Mahrez dan berhasil diimbangi 1-1 lewat eksekusi penalti Jamie Vardy di menit ke-37.

Petaka menimpa Man City di babak kedua. Vardy melesakkan dua gol tambahan pada menit ke-54 dan eksekusi penalti lagi di menit ke-58. James Maddison memperbesar keunggulan Leicester menjadi 4-1 di menit ke-77.

Nathan Ake sempat memperkecil ketertinggalan Man City menjadi 2-4 di menit ke-84. Selang empat menit kemudian Man City kembali diganjar penalti dan berhasil dieksekusi Youri Tielemans dan menutup laga menjadi 5-2 untuk kemenangan The Foxes.

Selanjutnya, berita dari Luis Suarez tampil menggigit di laga debutnya bersama Atletico Madrid. El Pistolero mencetak dua gol dan satu assist saat timnya menang 6-1 atas Granada.

Melansir data Opta, Suarez menampilkan performa menggigit selama debutnya di Atletico yang hanya berlangsung selama kurang lebih 25 menit di lapangan. Penyerang bernomor punggung 9 itu mencatatkan 16 sentuhan, empat tembakan, dua gol, serta satu assist.

(dwia/gbr)