Curi Motor di Makassar, Pria Ngaku PNS Dishub Bone Dihajar Warga

Hermawan Mappiwali - detikNews
Senin, 28 Sep 2020 20:16 WIB
Andi Parawansyah, pria ngaku PNS Disbub Bone, dihajar warga karena mencuri motor di Makassar (Hermawan Mappiwali/detikcom).
Andi Parawansyah, pria yang ngaku PNS Disbub Bone, dihajar warga karena mencuri motor di Makassar. (Hermawan Mappiwali/detikcom)
Makassar -

Seorang pria yang mengaku PNS Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Andi Parawansyah (40), babak belur alias bonyok dihajar warga di Kota Makassar. Andi diserang warga akibat kedapatan mencuri motor di Kota Makassar.

"Pengakuan pelaku ini dia ASN di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan," kata Kasi Humas Polsek Panakkukang Bripka Ahmad Halim kepada wartawan, Senin (28/9/2020).

Bripka Halim mengatakan Andi sudah satu pekan berada di Makassar. Dia meninggalkan pekerjaan dan istrinya di Bone karena ada konflik keluarga.

Kemudian, sekitar pukul 09.00 Wita, Andi tiba-tiba melihat motor warga terparkir dengan kunci motor saat berjalan di Jalan Sukaria, Panakkukang, Kota Makassar. Andi kemudian mencuri motor itu.

"Saat pelaku hendak pergi, pemilik motor memergoki pelaku dan berteriak. Akhirnya warga sekitar berdatangan menganiaya pelaku," kata Bripka Ahmad.

Pelaku saat dibawa ke Polsek Panakkukang sendiri mengakui aksinya. Dia membenarkan dirinya merupakan PNS di Kabupaten Bone.

"Di (Dinas) Perhubungan, iye PNS, di Bone, pegawai negeri," kata Andi dibawa ke Polsek Panakkukang.

Kepada polisi, Andi mengaku khilaf. Dia berdalih tak ada niat untuk mencuri, namun tak kuasa menahan diri saat melihat motor korban terparkir bersama kuncinya.

"Khilaf, iye taubat ka Pak. Tidak ada niat ku mencuri motor, cuma kebetulan kulihat kuncinya ada di motor," katanya.

Andi kini ditahan di Polsek Panakkukang. Dia dijerat polisi dengan Pasal 362 KUHP. "Ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara," kata Bripka Halim.

(gbr/gbr)