Detik-detik Bocah Pasha Dianiaya Teman hingga Ditemukan Tewas di Kapuas

Adi Saputro - detikNews
Senin, 28 Sep 2020 16:59 WIB
ilustrasi tenggelam
Ilustrasi tenggelam (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, prihatin atas kasus kematian Pasha (13) yang meninggal karena perkelahian sesama anak. Dia meminta orang tua lebih mengawasi anak-anaknya agar peristiwa serupa tak terulang.

"Tentu Pemerintah Kota Pontianak belasungkawa atas kasus ini. Dan tentu ini pelajaran penting dan hikmah bagi keluarga ataupun orang tua manapun untuk saling memantau anak-anaknya di mana lokasi bermain sehingga kejadian ini tidak terulang," kata Edi Kamtono saat berkunjung ke keluarga korban di Perumnas 2, Jeruju, Pontianak, Senin (28/9/2020).

Edi menilai kasus ini sebagai kecelakaan namun dia menyerahkan kepada pihak berwajib untuk menangani kasus hukum yang menimpa anak sebagai pelaku. Edi berharap tak ada lagi korban maupun pelaku dari anak-anak yang berhadapan hukum.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, saat mengunjungi rumah korban (Adi Saputro/detikcom)Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, saat mengunjungi rumah korban (Adi Saputro/detikcom)

Sementara itu, Kapolsek Pontianak Barat, AKP Eko Mardianto, menjelaskan soal peristiwa yang menyebabkan Pasha meninggal hingga ditemukan di Sungai Kapuas, tepatnya di sekitar kampus Universitas Panca Bhakti (UPB), pada Minggu (27/9) kemarin.

Dia mengatakan awalnya orang tua korban membuat laporan kehilangan karena Pasha tak pulang setelah dijemput kedua temannya. Hingga akhirnya korban ditemukan dalam kondisi tak bernyawa di tepian Sungai Kapuas, kawasan belakang kampus UPB.

"Setelah jenasah Pasha dievakuasi dan dibawa menuju ke Rumah Sakit Anton Soedjarwo, namun keluarga menolak untuk dilakukan autopsi, maka pihak Polsek Pontianak Barat membuat Surat Penolakan Autopsi yang ditandatangani oleh orang tua korban. Hasil VER (visum) ditemukan luka lebam di bagian dahi," ungkap AKP Eko.

Seorang teman sebaya korban diduga sebagai pelaku. Hal ini didasarkan pada penyelidikan dan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Selanjutnya
Halaman
1 2