Catat! Ini 7 Tips Isolasi Mandiri Pasien Corona dari dr Reisa

Tim detikcom - detikNews
Senin, 28 Sep 2020 16:58 WIB
Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dr Reisa Broto Asmoro
Reisa Broto Asmoro (Foto: Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19)
Jakarta -

Juru bicara penanganan COVID-19, dr Reisa Broto Asmoro, menyampaikan tips isolasi mandiri pasien COVID-19 asimtomatik atau tanpa gejala. Isolasi mandiri harus dilakukan dengan disiplin dan sesuai dengan anjuran dari pemerintah.

"Untuk kasus asimtomatik atau tanpa gejala dinyatakan selesai isolasi mandiri selama 10 sampai 14 hari sejak terkonfirmasi positif. Saya perjelas ya isolasi mandiri harus diterapkan dengan disiplin tidak boleh kendor," kata Reisa dalam konferensi pers yang disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (28/9/2020).

Reisa mengatakan isolasi juga bisa dilakukan di fasilitas yang disediakan pemerintah. Jika ada pasien COVID-19 yang membutuhkan fasilitas tersebut, bisa menghubungi Satgas COVID-19 setempat.

"Jika isolasi mandiri tidak dapat dilakukan di rumah pemerintah menyediakan fasilitas isolasi, hubungi dinas kesehatan atau Satgas COVID-19 setempat apabila Anda merasa membutuhkan bantuan tersebut," ujar dia.

Berikut ini 7 tips isolasi mandiri dari dr Reisa:

1. Selalu pakai masker selama diisolasi. Cuci sendiri kain yang dipakai dan apabila menggunakan masker sekali pakai, buang ke tempat sampah dengan membungkusnya terlebih dahulu.
2. Jika ada gejala sakit seperti demam batuk dan bersin tetap di tempat isolasi, tidak pergi keluar rumah atau tidak meninggalkan tempat isolasi sampai masa penularan selesai.
3. Manfaatkan fasilitas telemedis atau konsultasi online dengan pakar kesehatan, beri tahu petugas medis tentang keluhan dan gejala serta riwayat bepergian dan apabila ada riwayat kontak dengan orang yang terkonfirmasi positif COVID-19.
4. Selama di rumah atau tempat isolasi kamar harus terpisah dari anggota keluarga lainnya dan selalu jaga jarak 1 sampai 2 meter dari anggota keluarga. Tidak memakai peralatan mandi dan tempat tidur yang sama dengan anggota keluarga yang lain, ingat cuci sendiri alat makannya.
5. Cek kondisi tubuh, ukur suhu denyut nadi dan tekanan darah atur jam keluar ruang terbuka dan berjemur di bawah sinar matahari setiap harinya kurang lebih 15 sampai 30 menit.
6. Terapkan perilaku bersih dan sehat, konsumsi makanan bergizi seimbang, olahraga yang rutin dan teratur. Tenangkan pikiran, tenangkan jiwa kita, terapkan etika batuk dan bersin yang baik yakni dengan menutup mulut dan hidung dengan siku bagian dalam pada saat kita batuk atau bersin.
7. Jaga kebersihan dan kesehatan di rumah, bersihkan seluruh permukaan dengan carian disinfektan yang jelas sesuai dengan peruntukannya.

(knv/gbr)