Ma'ruf: Menjaga Protokol Kesehatan Merupakan Perintah Agama

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 28 Sep 2020 16:50 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin
Wapres Ma'ruf Amin (Foto: dok. KIP Setwapres)
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menekankan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan untuk pencegah penularan virus Corona (COVID-19). Ma'ruf menegaskan menjaga diri dan orang lain adalah perintah agama yang harus ditaati.

"Agama mengajarkan kepada kita untuk menjaga diri supaya tidak tertular dan tidak menularkan penyakit pada orang lain. Rasulullah menyatakan, janganlah kalian membahayakan diri sendiri dan membahayakan orang lain," kata Ma'ruf dalam sambutannya di Muktamar ke IV Persaudaran Muslimin Indonesia (Parmusi) yang disiarkan YouTube Parmusi News, Senin (28/9/2020).

"Membiarkan diri tertular berarti membahayakan diri sendiri, sedangkan menularkan penyakit kepada orang lain adalah membahayakan diri orang lain. Perbuatan tersebut dilarang oleh agama. Oleh karena itu menjaga protokol kesehatan bukan sekedar mematuhi anjuran pemerintah, tetapi merupakan perintah agama yang harus ditaati dan itu berarti menjalankan syariat Islam," sambungnya.

Ma'ruf mengatakan pandemi Corona di dunia belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Dia mengatakan pemerintah terus berupaya menekan angka kematian dan menaikkan angka kesembuhan.

"Perkembangan pandemi COVID-19 di seluruh dunia termasuk di Indonesia masih belum menunjukkan hasil yang menggembirakan. Namun, meskipun jumlah penularan masih terus naik, kita juga mencatat jumlah kesembuhan yang semakin meningkat berkat kesiapan penanganan yang lebih baik. Ini semua tidak terlepas dari upaya bersama seluruh pihak," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2