Pilkada Bengkulu Utara Tanpa Lawan, 5 Parpol Kampanyekan Kotak Kosong

Hery Supandi - detikNews
Senin, 28 Sep 2020 16:43 WIB
Ilustrasi fokus (bukan buat insert) Pilkada Langsung Ditinjau Ulang (Nadia Permatasari/detikcom)
Foto: Ilustrasi Pilkada (Nadia Permatasari/detikcom)
Bengkulu -

Pilkada Bengkulu Utara kali ini hanya diikuti satu pasangan calon saja, yakni sang petahana bupati-wakil bupati, Mian-Arie Septia Adinata. Tak puas petahana maju tanpa lawan, 5 partai politik di Bengkulu Utara pun mengkampanyekan kotak kosong.

Kelima partai tersebut yakni Partai Perindo, Partai Demokrat, Partai Berkarya yang masing-masing memiliki kursi di DPRD Bengkulu Utara. Kemudian dua partai non parlemen yakni PSI dan Partai Garuda.

Politikus Partai Perindo Kabupaten Bengkulu Utara Febri Yurdiman mengatakan, kelima parpol sepakat membentuk sukarelawan kotak kosong. Dia mengatakan, terbentuknya struktur organisasi sukarelawan kotak kosong ini merupakan respons atas keinginan masyarakat yang tak puas dengan Pilbup Bengkulu Utara.

"Keterlibatan lima parpol, agar memudahkan proses komunikasi antara penyelenggara pilkada dan sukarelawan pemenangan kotak kosong," kata Febri kepada wartawan, Senin (28/9/2020).

Febri menilai, kampanye memenangkan kotak kosong sama sekali tidak mencederai proses demokrasi. Sebab, menurutnya, mendukung kotak kosong merupakan pilihan politik yang sah dan dijamin undang-undang.

"Lima partai ini hanya sebagian kecil, ada banyak tokoh masyarakat, warga, ormas yang ikut mendukung karena merasa tidak puas jika pilkada ini hanya ada satu calon tunggal," tegasnya.

Sementara itu Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPW PSI Bengkulu Deno Andeska mengatakan, koalisi lima partai politik itu telah membentuk struktur jaringan sukarelawan untuk mengkampanyekan kotak kosong.

"Stuktur organisasi sukarelawan ini bahkan dibentuk di seluruh jenjang mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan desa hingga kelurahan," ujarnya.

Deno menjelaskan, struktur organisasi sukarelawan pemenangan kotak kosong dirancang sama seperti tim pemenangan pasangan calon kepala daerah pada umumnya. Termasuk menunjuk juru kampanye.

Seperti diketahui, KPU Kabupaten Bengkulu Utara telah menetapkan Mian-Arie Septia Adinata sebagai pasangan calon tunggal. Keduanya merupakan petahana yang menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Utara periode 2016-2021.

Pasangan Mian-Ari ini diusung sembilan partai politik yakni PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partaj Gerindra, PAN, Partai NasDem, PKPI, Partai Hanura, PKS dan PPP dengan total 27 dari 30 kursi yang ada di DPRD Kabupaten Bengkulu Utara.

(mae/mae)