Tahanan KPK Positif Corona Bertambah 1, Dirawat di RSPAD

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 28 Sep 2020 15:48 WIB
Gedung Merah Putih KPK Disemprot Disinfektan
Foto: Ilustrasi Gedung KPK disterilkan. (Farih/detikcom).
Jakarta -

Kasus positif virus Corona (COVID-19) di Rutan KPK bertambah lagi. Kini ada tambahan 1 tahanan KPK yang terkonfirmasi positif Corona sehingga total tahanan KPK yang terpapar virus Corona menjadi 3 orang.

"Informasi yang kami terima dari Karutan, benar ada 1 orang tahanan di Rutan Pomdam Jaya Guntur yang terkonfirmasi positif COVID-19," kata Plt juru bicara KPK, Ali Fikri kepada wartawan, Senin (28/9/2020).

Ali tak menyebutkan detail perihal siapa tahanan yang terpapar Corona itu. Namun, kata dia, seorang tahanan itu dari kasus tindak pidana korupsi DPRD Sumatera Utara (Sumut).

"Kasus DPRD Sumut. Saat ini masih dalam perawatan di RSPAD Jakarta," ucap Ali.

Ali mengatakan sebagai upaya mencegah penyebaran wabah virus Corona, pihak rutan sudah berkoordinasi dengan Puskesmas Setiabudi. Menurutnya, tahanan lain yang berkontak erat akan dilakukan tindakan lebih lanjut.

"Untuk sementara untuk pemeriksaan penyidikan tahanan yang berada di Pomdam Jaya Guntur dilakukan penundaan. Sedangkan untuk persidangan yang tidak bisa ditunda akan diupayakan via online dengan posisi terdakwa dari rutan Pomdam Jaya Guntur," katanya.

Sebelumnya, sebanyak 2 tahanan KPK dinyatakan positif virus Corona. KPK mengatakan 1 di antaranya harus menjalani perawatan di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur.

"Dua orang tahanan (positif Corona), di antaranya 1 orang dilakukan isolasi mandiri di Rutan KPK Kavling C1 dan 1 orang dirawat di RS Polri Kramat Jati Jakarta," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri kepada wartawan, Senin (7/9/2020).

(fas/elz)