Sembuh dari Corona, Bupati Sergai Ikuti Tes Kesehatan untuk Pilkada 2020

Ahmad Arfah - detikNews
Senin, 28 Sep 2020 14:17 WIB
Bupati Sergai, Soekirman (dok. Istimewa)
Foto: Bupati Sergai, Soekirman (dok. Istimewa)
Serdang Bedagai -

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Soekirman disebut sudah sembuh dari infeksi virus Corona atau COVID-19. Soekirman bakal mengikuti tes kesehatan untuk keperluan Pilkada Sergai.

"Sudah sembuh dari COVID, hari ini dan besok dilaksanakan tes kesehatan untuk Bapaslon tersebut," kata Komisioner KPU Sergai, Fuad Hasan Lubis, saat dimintai konfirmasi, Senin (28/9/2020).

Fuad mengatakan tes kesehatan dilakukan di RS Adam Malik Medan. Tes kesehatan ini merupakan tes susulan karena menunggu Soekirman sembuh dari infeksi Corona.

"Di RS H Adam Malik," ucapnya.

Sebelumnya, Soekirman menyatakan dirinya positif terinfeksi virus Corona. Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil tes swab terhadap Soekirman.

"Kondisi kesehatan saya dalam keadaan baik. Inilah yang disebut dengan posisi saya OTG, orang tanpa gejala. Sampai dengan kemarin suhu badan saya tetap 36,4 dan tidak ada gejala demam, batuk, maupun flu. Tetapi hasil laboratorium swab PCR ternyata disimpulkan terinfeksi COVID-19 positif," kata Soekirman, Selasa (15/9).

Hal tersebut membuat proses pemeriksaan kelengkapan berkas, kesehatan hingga penetapan paslon terhadap Soekirman-Tengku Ryan tertunda. Pemeriksaan terhadap Soekirman-Ryan pun dilakukan setelah Soekirman dinyatakan sembuh.

Soekirman-Tengku Ryan telah mendaftar ke KPU Sergai dengan dukungan NasDem, PKS dan PAN. Koalisi ini memiliki total 12 kursi di DPRD Sergai.

Soekirman merupakan Bupati Sergai saat ini. Pasangannya, Tengku Ryan, merupakan putra mantan Gubernur Sumut (Gubsu) Tengku Erry Nuradi.

Bakal paslon itu akan melawan Darma Wijaya (Wiwik)-Adlin Tambunan. Paslon ini telah ditetapkan sebagai peserta Pilkada Sergai.

Wiwik-Adlin maju ke Pilkada Sergai dengan dukungan PDIP, Golkar, Gerindra, PKB, PPP, Hanura, dan Demokrat. Koalisi tersebut memilik total 33 kursi di DPRD Sergai.

Wiwik merupakan Wakil Bupati Sergai saat ini. Pasangannya, Adlin, merupakan putra Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan.

(haf/haf)