Sampan Motor Kecelakaan-Tenggelam di Sungai Kapuas, 1 Orang Hilang

Adi Saputro - detikNews
Senin, 28 Sep 2020 10:51 WIB
Tim SAR gabungan mencari orang hilang akibat kecelakaan sampan motor di Sungai Kapuas, Pontianak, Kalbar
Tim SAR mencari orang hilang di Sungai Kapuas, Pontianak, Kalbar. (Dok. Istimewa)
Pontianak -

Satu sampan motor di Sungai Kapuas, Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), mengalami kecelakaan dan tenggelam. Akibatnya, satu orang yang berada di sampan tersebut dinyatakan hilang.

Peristiwa itu terjadi pada Minggu (27/9), sekitar pukul 22.00 WIB. Sampan bermuatan satu orang itu tenggelam saat dari Dermaga Kapuas Besar menuju Dermaga Beting, Kampung Dalam Pontianak.

"Benar memang telah terjadi kecelakaan kapal berupa sampan motor diperkirakan tenggelam di Sungai Kapuas, satu orang hilang dan dalam pencarian," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan SAR Pontianak, Yopi Haryadi, Senin (28/9/2020).

Tim SAR gabungan melakukan pencarian dan penyisiran sejak pagi tadi di sekitar titik korban pertama kali dinyatakan hilang. Yopi menjelaskan kejadian bermula saat sampan yang ditunggangi korban hendak menyeberang dari Dermaga Kapuas Besar menuju Dermaga Beting.

"Kejadiannya berawal saat motor air tersebut ingin menyeberang dari pasar Kapuas Besar menuju Kampung Dalam, sampan motor tersebut tiba-tiba oleng dan tenggelam di tengah-tengah Sungai Kapuas, satu orang korban bernama Gugun masih dalam pencarian tim SAR gabungan," ungkap Yopi.

Menurut Yopi, pencarian hari ini dimulai dengan menyisir lokasi sampan tersebut tenggelam. Tim SAR gabungan akan melakukan penyelaman untuk mencari korban jika memungkinkan.

"Pagi ini tim SAR gabungan masih melakukan pencarian dengan menyisir permukaan sungai di sekitar lokasi dan juga melakukan penyelaman apabila memungkinkan," jelasnya.

(rfs/rfs)