Pemilik Broker Coffee di Bekasi Bantah Kafenya 3 Kali Diberi Peringatan

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 27 Sep 2020 15:16 WIB
Kafe di Bekasi disegel usai viral ramai pengunjung joget
Foto: Sachril/detikcom
Jakarta -

Polisi mengungkap Kafe Broker Coffee and Roastery di Bekasi yang viral karena pengunjungnya joget dan berkerumun telah 3 kali diberi peringatan sebelum dilakukan penyegelan. Owner kafe ini membantah telah diberi peringatan.

"Sebetulnya bukan peringatan sih dan tidak pernah dikasih peringatan. Polisi datang ke sini hanya sebagai, apa ya, survei aja memastikan kegiatan di sini menggunakan protokoler," kata Owner Broker Coffee and Roastery, Giar Sugiarto, di Broker Coffee and Roastery, Jalan Pulo Sirih Barat Raya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Minggu (27/9/2020).

Giar menambahkan apa yang dilakukan polisi ini dia anggap sebagai rutinitas. Sebab, lanjutnya, polisi juga mendatangi tempat usaha lain untuk memastikan protokol kesehatan COVID-19 terpenuhi.

"Dan itu saya anggap rutinitas mereka, gitu, dan itu setiap hari (polisi lakukan) dan semuanya juga kebagian," lanjutnya.

Dia mengatakan kafenya disegel kemarin malam sekitar pukul 20.00 WIB. Penyegelan dilakukan saat masih ada pengunjung di kafenya.

Giar pun mengaku bingung karena kafe yang dimilikinya langsung disegel tanpa diberi peringatan terlebih dahulu.

"Belum, belum dan makanya saya bingung juga, nih. Tidak ada peringatan tapi langsung ada punishment segel. Harusnya yang saya tahu peringatan dulu, (setelah) peringatan nanti kita baru revisi, perbaiki, kita masih mengulangi baru segel. Nah ini tidak ada peringatan, (langsung) segel aja mungkin karena viral kali," ungkapnya.

Dia pun tidak mengetahui sampai kapan kafenya disegel. Giar mengatakan akan ke kantor Satpol PP untuk bertanya tentang penyegelan kafenya ini.

"Ada yang bilang sampai Senin, ada yang bilang sampai Minggu depan. Saya juga mau datangin kantor Satpol PP sama polisi buat tanyain (penyegelan kafenya)," tandas dia.

Sebelumnya, kafe Broker Coffee and Roastery disegel usai viral di media sosial karena pengunjungnya berjoget dan berkerumun. Polisi mengungkap ini sudah ketiga kali kafe tersebut melanggar protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Jadi (penyegelan) bukan karena (kafe Broker Coffee and Roastery) itu viral. Jadi sudah beberapa kali kita patroli, ingatkan-ingatkan dan laporkan ke pihak terkait. Kemarin itu rencana kita memang sudah pada tahapan yang harus dilaksanakan (yaitu) peringatan terakhir (berupa) penyegelan. Ada 3 kali lebih (kafe Broker Coffee and Roastery melanggar protokol COVID-19)," kata Kapolsek Bekasi Selatan Kompol Imam Syafi'i, saat dihubungi, Minggu (27/9).

Tonton juga 'Muda-mudi Bekasi Asyik Joget Berkerumun, Berujung Penyegelan Kafe':

[Gambas:Video 20detik]

(imk/imk)