Polisi Ungkap Kafe di Bekasi yang Viral Berkerumun Sempat Minta Tak Disegel

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 27 Sep 2020 12:13 WIB
Kafe di Bekasi disegel usai viral ramai pengunjung joget
Kafe di Bekasi disegel usai viral ramai pengunjung joget. (Sachril/detikcom)
Bekasi -

Kafe Broker Coffee and Roastery, yang viral di media sosial karena pengunjungnya berjoget dan berkerumun, disegel. Polisi mengungkap pengelola kafe di Bekasi itu sempat menolak saat akan dilakukan penyegelan.

"Ya penolakannya mereka 'tolonglah, Pak, jangan disegel'. Tapi waktu kita ke sana pas pengunjungnya berkurang, dia bilang 'ini kami sudah melaksanakan protokol'. (Tapi) kami ke sini kan bukan hanya sekali ini, gitu lho. Makanya kami juga harus laksanakan (penyegelan) itu," ungkap Kapolsek Bekasi Selatan Kompol Imam Syafi'i, saat dihubungi, Minggu (27/9/2020).

"Tapi mereka berdalih bagaimana supaya tidak dilakukan penyegelan dan dia mau menaati aturan protokol kesehatan," lanjut dia.

Imam menjelaskan kafe Broker Coffee and Roastery sudah 3 kali diberi peringatan oleh petugas di lapangan karena melanggar protokol kesehatan COVID-19, yakni kapasitas pengunjung lebih dari 50 persen. Karena tak mengindahkan peringatan tersebut, kafe ini pun akhirnya disegel.

"Berdalih, 'pokoknya kami siap Pak melaksanakan protokol kesehatan', gitu lho. Jadi (penyegelan) bukan karena itu viral. Jadi sudah beberapa kali kita patroli, ingatkan-ingatkan dan laporkan ke pihak terkait. Kemarin itu rencana kita memang sudah pada tahapan yang harus dilaksanakan, peringatan terakhir (berupa) penyegelan. Ada 3 kali lebih (kafe Broker Coffee and Roastery melanggar protokol COVID-19)," ungkapnya.

Terkait kejadian dalam video viral yang menunjukkan pengunjung kafe itu berjoget dan berkerumun, Imam menduga terjadi pada Jumat (25/9) kemarin. Namun saat petugas mendatangi kafe tersebut, pengunjung kafe tidak sedang berkerumun seperti yang terlihat dalam video yang viral.

"Mungkin saat spot tertentu jam berapa, ada pengunjung kemudian take gambar atau video dan sebagainya, nah itu yang kemudian terus diviralkan. Pada saat kami malam Sabtu ke sana, (situasi) normal dan kita ingatkan protokol kesehatan. 'Oh siap Pak, siap Pak', tapi tetap saja begitu kita pergi dan pantau lagi, ya balik lagi, balik lagi. Ya berarti tidak mengindahkan (peringatan)," kata Imam.

Dia mengatakan kafe Broker Coffee and Roastery disegel kemarin malam sekitar pukul 22.00 WIB. Terkait sampai kapan penyegelan dan sanksi yang akan diberikan, lanjut Imam, adalah kewenangan dari Satpol PP Kota Bekasi.

Sebelumnya, sebuah video viral di media sosial (medsos) memuat pengunjung berjoget diiringi musik di sebuah kafe di Bekasi. Pengunjung kafe tersebut nampak berkerumun dan mengindahkan protokol kesehatan pencegahan virus Corona.

Viral video itu berbuntut panjang dengan disegelnya kafe tersebut. Kapolsek Bekasi Selatan Kompol Imam Syafi'i membenarkan penyegelan itu. Ia menyebut ada 4 kafe yang disegel, salah satunya kafe Broker Coffee and Roastery yang viral tersebut.

"Iya disegel ada 4 kafe tadi malam yang kita segel salah satunya Broker Coffee yang viral di sosmed," ujar Imam lewat pesan singkat kepada detikcom, Minggu (27/9).

Tonton juga 'Muda-mudi Bekasi Asyik Joget Berkerumun, Berujung Penyegelan Kafe':

[Gambas:Video 20detik]

(azr/azr)