Pedagang Pasar di DKI Tak Pakai Masker, PAN Minta Tindakan Tegas

Dwi Andayani - detikNews
Minggu, 27 Sep 2020 07:11 WIB
Zita Anjani
Zita Anjani (Instagram @zitaanjani)
Jakarta -

Sejumlah pedagang di Pasar Gondangdia, Jakarta Pusat (Jakpus), terlihat masih tak menggunakan masker saat berkegiatan. Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta menilai perlu ada tindakan tegas bagi pelanggar protokol kesehatan COVID-19.

"Kejadian seperti ini perlu ditindak tegas. Bila perlu ancam sita dagangannya, jika masih ada yang bandel," ujar Penasihat Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani, saat dihubungi, Sabtu (26/9/2020).

Zita mengatakan saat ini bukan lagi masa sosialisasi, melainkan implementasi. Jadi, menurutnya, warga yang tak mengenakan masker bukan karena tidak memiliki, melainkan tak perduli terhadap sekitar.

"Sekarang bukan saatnya sosialisasi pentingnya masker lagi, tapi sudah masuk di tahap implementasinya. Makanya kalau ada yang tidak gunakan masker, bukan mereka tidak punya atau tidak mampu beli masker, tapi karena tidak peduli," kata Zita.

Zita, yang juga Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, menyebut pihaknya dan eksekutif tengah membahas Perda PSBB. Disebut, nantinya Perda tersebut akan lebih memperkuat payung hukum terkait sanksi.

"Saat ini kami lagi kaji dan bahas Perda PSBB bersama eksekutif, di dalamnya akan ada sanksi. Hal-hal seperti ini akan diatur di Perda agar lebih kuat payung hukumnya," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menerapkan PSBB ketat kembali setelah jumlah kasus positif COVID-19 meningkat. Namun masih ada masyarakat yang tidak mematuhi aturan protokol kesehatan, salah satunya tidak menggunakan masker.

Hal itu terjadi di Pasar Gondangdia, Jakpus, Sabtu (26/9). Aktivitas jual-beli tidak terlalu ramai. Beberapa pedagang terlihat tidak mengenakan masker.

(dwia/rfs)