Masih Ada Pedagang Pasar Tak Pakai Masker, PDIP DKI: Pengawasan Tak Tegas

Dwi Andayani - detikNews
Minggu, 27 Sep 2020 06:20 WIB
Gembong Warsono
Foto: Gembong Warsono (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Sejumlah pedagang di Pasar Gondangdia, Jakarta Pusat (Jakpus), terlihat masih tidak menggunakan masker saat berkegiatan. Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta menyebut PD Pasar Jaya miliki peran penting dalam kepatuhan pedagang.

"Peranan pengelola PD Pasar Jaya sangat menentukan terhadap kepatuhan pedagang dalam penerapan protokol kesehatan," ujar Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI, Gembong Warsono saat dihubungi, Sabtu (26/9/2020).

Gembong menilai masih adanya pedagang yang tidak mematuhi protokol kesehatan dikarenakan pengawasan yang tidak tegas. Menurutnya, pengawasan terhadap pasar tradisional menjadi tanggung jawab PD Pasar Jaya.

"Kenapa masih ada pedagang yang abai terhadap penerapan protokol kesehatan, karena pengawasan dari pengelola PD Pasar jaya tidak tegas. Pasar tradisional itu di bawah kendali dan pengawasan dari Pemprov khususnya PD Pasar Jaya," kata Gembong.

Dia mengatakan ketaatan pedagang juga bergantung pada kesiapan PD Pasar Jaya dalam menyediakan fasilitas protokol kesehatan. Gembong menilai fasilitas memang telah diberikan namun jumlahnya saat ini masih minim.

"Ketaatan para pedagang juga dipengaruhi oleh kesiapan PD Pasar Jaya dalam penyediaan perangkat protokol kesehatan, misal penyediaan tempat cuci tangan, penyediaan hand sanitaizer," ujar Gembong.

"Berdasarkan pantauan di lapangan, penyediaan perangkat protokol kesehatan yang difasilitasi oleh PD Pasar Jaya memang sudah ada, namun masih sangat minim," sambungnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menerapkan PSBB kembali setelah jumlah kasus positif COVID-19 meningkat. Namun masih ada masyarakat yang tidak mematuhi aturan protokol kesehatan, salah satunya tidak menggunakan masker.

Hal itu nampak terjadi di Pasar Gondangdia, Jakarta Pusat, Sabtu (26/9), aktivitas jual-beli tidak terlalu ramai. Beberapa pedagang terlihat tidak mengenakan masker.

Di lokasi terlihat satu orang petugas satpam berkeliling untuk memeriksa penggunaan masker. Petugas satpam tersebut menegur para pedagang yang tidak mengenakan masker.

"Eh, tolong ya, ini dipakai, masker mana ini," kata petugas tersebut.

(dwia/rfs)