Ada Pedagang Tak Bermasker, Golkar DKI: Penegak Hukum Harus Berani Keras

Dwi Andayani - detikNews
Minggu, 27 Sep 2020 05:15 WIB
Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI, DKI Basri Baco
Foto: Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI, Basri Baco (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Sejumlah pedagang di Pasar Gondangdia, Jakarta Pusat (Jakpus), masih terlihat tidak menggunakan masker. Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta menilai hal ini karena sanksi yang diberikan kurang memberi efek jera.

"Mungkin hukumannya kurang membuat jera atau memang tidak sadar-sadar kalau hari begini, masih ada yang tidak mau pake masker apalagi di tempat umum kaya pasar," ujar Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI, Basri Baco saat dihubungi Sabtu (26/9/2020).

Basri mengatakan penindakan dan kontrol dari petugas perlu dilakukan secara maksimal. Menurutnya, petugas harus berani keras dengan masyarakat yang melanggar.

"Maka saya imbau dan ingatkan berulang-ulang bahwa aturan percuma dibuat, kalau penindakan dan kontrol tidak maksimal. Penegak hukum harus rajin dan berani keras kepada masyarakat yang tidak sadar kaya begini," ujar Basri.

Basri menuturkan saat ini DPRD DKI tengah mempersiapkan Perda untuk mengatur sanksi lebih tega. Dia menyebut DKI saat ini perlu belajar dari gagalnya masa PSBB transisi yang pernah dijalankan.

"Kita lagi mempersiapkan Perda COVID agar penindakan bisa lebih serius bagi masyarakat yang melanggar dan tidak memikirkan orang lain dalam beraktivitas," kata Basri.

"Siapa pun yang melanggar harus ditindak supaya COVID bisa kita kendalikan. Kita harus berkaca pada PSBB transisi yang gagal kemarin, karena pengawasan serta penindakan tidak maksimal," sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menerapkan PSBB kembali setelah jumlah kasus positif COVID-19 meningkat. Namun masih ada masyarakat yang tidak mematuhi aturan protokol kesehatan, salah satunya tidak menggunakan masker.

Pantauan detikcom di Pasar Gondangdia, Jakarta Pusat, Sabtu (26/9), aktivitas jual-beli tidak terlalu ramai. Beberapa pedagang terlihat tidak mengenakan masker.

Di lokasi terlihat satu orang petugas satpam berkeliling untuk memeriksa penggunaan masker. Petugas satpam tersebut menegur para pedagang yang tidak mengenakan masker.

"Eh, tolong ya, ini dipakai, masker mana ini," kata petugas tersebut.

(dwia/rfs)