Kapolda NTT Temui Personel TNI-Polri di Perbatasan RI-Timor Leste

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 27 Sep 2020 02:19 WIB
Kapolda NTT menemui personel TNI-Polri di perbatasan Indonesia dan Timor Leste dalam rangka jelang HUT TNI ke-75
Foto: Kapolda NTT menemui personel TNI-Polri di perbatasan Indonesia dan Timor Leste (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT), Irjen Lotharia Latif bertolak dari Kupang ke Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain, Belu, dalam rangka mengecek kondisi pasukan TNI-Polri di perbatasan Indonesia-Timur Leste. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka menjelang peringatan HUT TNI ke-75.

"Penting bagi saya menyapa adik-adik kami yang bertugas di perbatasan, prajurit TNI dan personel Polri. Di Belu, saya melihat sinergitas, soliditas, persaudaraan TNI-Polri yang sangat baik," kata Latif dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (26/9/2020).

"Mereka saling membantu dalam melaksanakan tugas sesuai tupoksi masing-masing, saudara kita dari TNI yang menjaga wilayah kedaulatan dan Polri yang mencegah dan menindak manakala ada kejahatan seperti penyelundupan dan perbuatan pidana lainnya. Dan ini harus dipertahankan, dioptimalkan lagi harapan saya," sambung Latif.

Latif beserta Danrem 161/Wirasakti Kupang Brigjen TNI Samuel Petrus Hehakaya, Danlantamal VII Kupang Laksamana Pertama TNI I Gede Kompiang Aribawa, Kepala BIN Daerah NTT Brigjen TNI Adrianus dan Danlanud El Tari Kupang Kolonel Pnb Bambang Juniar lalu memberikan bingkisan kepada para personel perbatasan. Selain ke PLBN Motaain mengunjungi Mapolres Belu untuk paket sembako kepada perwakilan masyarakat Kabupaten Belu.

"Selain kegiatan sosial, tentu saya beserta rombongan memberi pengarahan kepada perwakilan anggota Polres Belu, anggota Kodim Belu, anggota Satgas Pamtas 744 (personel dari Kotis), Perwakilan anggota Korem Yonif 744 dan perwakilan anggota Ki Kav dan unsur TNI lainnya di Belu," jelas Latif.

Selain soal menjaga perbatasan serta menghindari perbuatan-perbuatan negatif yang dapat mencoreng citra institusi, Latif juga mengatakan saat ini tugas TNI-Polri bertambah karena situasi pandemi Corona. Dia lalu mengingatkan anggota TNI-Polri yang harus netral dalam menyikapi pilkada yang akan digelar Desember mendatang.

"Kita semua sebagai garda terdepan dalam penanganan COVID-19. Untuk itu selalu gelorakan kepada masyarakat tentang protokol pencegahan COVID-19," tegas Latif.

"Dalam menghadapi agenda Pilkada 2020 dengan melaksanakan tugas pokok kita masing-masing untuk membantu KPU dan Bawaslu, serta selalu menjaga netralitas kita, " imbuh Latif.

Terakhir, Latif membahas soal kebijakan pemerintah di mana NTT terpilih sebagai daerah pariwisata yang akan dikembangkan dengan optimal. Untuk mendukung majunya pariwisata NTT, Latif meminta anggotanya untuk memberikan pelayanan, pengayoman, jaminan keamanan yang baik kepada masyarakat NTT serta menjalankan tugas dengan profesional.

(aud/rfs)