BMKG soal Kajian Potensi Tsunami 20 Meter: Lakukan Upaya Mitigasi

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 25 Sep 2020 18:07 WIB
Ilustrasi tsunami
Foto Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta -

Tim Riset Institut Teknologi Bandung (ITB) mengungkapkan adanya potensi tsunami hingga 20 meter di selatan Pulau Jawa. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat tidak panik akan hasil riset itu.

"Adanya potensi gempa kuat di zona megathrust di selatan Pulau Jawa hasil kajian para ahli kebumian ITB yang dipublikasikan di jurnal ilmiah Nature baru-baru ini, diharapkan dapat mendorong kita semua untuk lebih memperhatikan upaya mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangannya, Jumat (25/9/2020).

Daryono menyatakan upaya membuat bangunan yang sesuai standar dan melakukan edukasi kepada masyarakat terkait tata cara menghadapi bencana harus ditingkatkan. BMKG, kata Daryono, juga mengapresiasi riset itu sebagai upaya mitigasi bencana.

"Perlu ada upaya serius dari berbagai pihak untuk mendukung dan memperkuat penerapan building code dalam membangun infrastruktur. Masyarakat juga diharapkan terus meningkatkan kemampuannya dalam memahami cara selamat saat terjadi gempa dan tsunami," kata dia.

"BMKG dalam hal ini mengapresiasi hasil tersebut. Skenario model yang dihasilkan merupakan gambaran terburuk (worst case), dan ini dapat dijadikan acuan kita dalam upaya mitigasi guna mengurangi risiko bencana gempa dan tsunami," sambungnya," sambungnya.

Tonton juga 'Panduan Kesiapsiagaan dan Evakuasi Hadapi Bencana di Tengah Pandemi':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2