Pemkot Bandung Gaet Blibli Bantu UMKM di Tengah Pandemi

Angga Laraspati - detikNews
Jumat, 25 Sep 2020 13:10 WIB
Blibli mendaur ulang kardus menjadi filler material yang bisa dijadikan sebagai bahan pengganti plastik bubble wrap.
Foto: dok. Blibli
Jakarta -

Pemerintah Kota Bandung menggandeng Blibli.com untuk membantu pelaku UMKM yang terdampak pandemi COVID-19 dengan menyediakan laman khusus Pasar Kreatif Bandung 2020 yang tersedia di platform Blibli.com mulai 4 September-25 Oktober 2020. Ada lebih dari 200 pelaku UMKM lokal Kota Bandung dengan total produk lokal hingga 1000 varian yang dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan Blibli.

Dengan adanya halaman khusus itu, para pelanggan dapat mencari produk-produk lokal UMKM Bandung. Adapun pilihan produknya mencakup produk fesyen, hijab, produk home d├ęcor, produk aksesoris pakaian, dan juga produk kriya dan kerajinan.

Vice President Galeri Indonesia Blibli, Andreas A. Pramaditya mengatakan melalui laman khusus tersebut, Blibli bersama Pemerintah Kota Bandung ingin mendukung UMKM untuk dapat terus menggerakkan perekonomian lokal sejalan dengan menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

"Kami juga ingin mendorong transformasi digital pada industri UMKM dan membantu para pelaku UMKM dapat terus mengembangkan usahanya," ujar Andreas dalam keterangan tertulis, Jumat (25/9/2020).

Pasar Kreatif Bandung 2020 adalah event yang digagas oleh Pemerintah Kota Bandung untuk membantu pelaku UMKM lokal di tengah pandemi dan memajukan usaha di tengah kondisi kenormalan baru. Selain itu inisiatif ini juga diharapkan dapat menggerakkan perekonomian Bandung dengan meningkatkan konsumsi terhadap produk-produk lokal dari para pelaku UMKM.

Menurut Andreas, Blibli dapat mengoptimalkan keseluruhan ekosistem yang dimiliki untuk memfasilitasi pelaku UMKM berjualan di tengah pandemi COVID-19. Selain itu, Blibli juga memberikan fasilitas foto produk, dukungan logistik, ragam pilihan pembayaran dan pelayanan Customer Care yang dapat dimanfaatkan oleh para mitra seller khususnya pelaku UMKM.

Di sisi lain, Ketua Dekranasda Kota Bandung Siti Muntamah Oded menuturkan Pasar Kreatif Bandung 2020 adalah pagelaran Pasar Kreatif yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian yang berjalan di sembilan pusat pembelanjaan. Kegiatan ini dilakukan guna meningkatkan pemulihan perekonomian di Kota Kembang, namun juga sejalan penerapan adaptasi kebiasaan baru yang diperketat.

"Pasar Kreatif Bandung 2020 juga menjadi model pameran yang menerapkan protokol kesehatan. Acara yang menggandeng Dekranasda Kota Bandung dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jawa Barat ini juga sekaligus rangkaian perayaan HUT ke-210 Kota Bandung." ujar Siti.

(prf/ega)