Ular Sanca yang Nongol saat Tauhid Mau Kencing Ditemukan Terjepit

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 25 Sep 2020 10:42 WIB
Ular sanca 4 meter yang nongol saat Tauhid mau kencing (Dok. Damkar).
Foto: Ular sanca 4 meter yang nongol saat Tauhid mau kencing (Dok. Damkar)
Jakarta -

Ular sanca sepanjang 4 meter muncul saat salah seorang warga di Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), Tauhid, hendak kencing ke kamar mandi. Petugas pemadam kebakaran (damkar) yang mendapatkan kabar itu kemudian mengevakuasi ular sanca 4 meter tersebut.


Damkar mengevakuasi ular sanca sepanjang 4 meter itu di ruko kusen Tauhid. Saat ditemukan petugas, kondisi ular terjepit di antara dua tembok.


"Toko bangunan itu temboknya berdempetan dengan tembok yang lain sehingga si ular itu kejepit nggak bisa keluar lagi," kata Kasi Penyelamatan Damkar Tangsel, Ahmad Dohiri Adam saat dihubungi detikcom, Jumat (25/9/2020).


Adam menjelaskan posisi ruko kusen berimpitan dengan ruko lainnya, menyebabkan ular terjepit di antara dua tembok. Karena terjepit, petugas damkar pun berhasil mengevakuasi ular sanca dengan cepat. Ia pun memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.


"Terjepit di antara dua tembok gitu. Jadi ada dua bangunan temboknya ada jarak sedikit tapi dia terjepit di situ sehingga tim kita juga tidak kesulitan karena pada saat rim rescue jam 7 malam ditelepon langsung (jam) setengah 8 menuju ke TKP itu sudah ditemukan nggak bisa apa-apa maksudnya nggak bisa lari," jelasnya.


Adam pun meyakini bahwa ular sanca tersebut sudah lama berdiam di atap ruko. Ular tersebut keluar dari persembunyiannya karena kelaparan.


"Jadi sebenarnya ular itu baru ganti kulit, jadi baru ganti kulit di dalam lubang. Jadi ada di dalam lubang dia. Jadi kalau ular sanca itu kalau habis makan dia masuk ke lubang. Masuk ke lubang itu berproses ada 3-4 hari lalu ganti kulit lapar keluar lagi. Kebetulan itu pas laper keluar lagi mau masuk kamar mandi. Pas mau masuk ventilasi badannya kejepit antara 2 tembok tadi," ungkapnya.


"Pasti sudah lama (menetap) cuman mungkin karena nongolnya pas pemilik toko itu mau kencing ada kepala ular di ventilasi kaget dia, telpon kita langsung kita evakuasi," sambungnya.


Diberitakan sebelumnya, Ular sanca sepanjang 4 meter ditemukan di sebuah ruko kusen Ciputat, Tangerang Selatan. Kejadian bermula sekitar pukul 19.00 WIB, Kamis (24/9). Saat itu, pemilik ruko kusen bernama Tauhid hendak ke kamar mandi. Kemudian, ia melihat kepala ular sanca muncul dari ventilasi.


"Itu posisi ular sebenarnya ada di toko bangunan kayu-kayu gitu jadi bukan di rumah, di toko semacam ruko untuk bikin kusen gitu. Kemudian si punya toko ini mau kencing ceritanya di kamar mandi lihat ada ular nongol di ventilasinya," kata Adam.

(rfs/rfs)