WN China Napi Lapas Tangerang Pernah Kabur dari Rutan Narkoba Bareskrim

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Jumat, 25 Sep 2020 05:19 WIB
Ilustrasi Penjara, Sel, Lapas, Jeruji Besi
Ilustrasi penjara. (Thinkstock)
Jakarta -

Seorang napi narkoba warga negara (WN) China bernama Cai Changphan kabur dari Lapas Kelas I Tangerang dengan menggali lubang di sel tahanan. Ternyata aksi pelariannya itu bukan kali pertama. Sebelumnya dia juga pernah kabur saat menjadi tahanan narkoba Bareskrim Polri.

Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Krisno Siregar mengatakan, pada 2017 lalu Cai menjadi tahanan Bareskrim. Dia ditahan di Rutan Narkoba Cawang, Jakarta Timur.

"Betul sekali, ketika ditahan di Bareksrim juga CCP ( Cai Changpan) pernah melarikan diri dari Rutan Polri di Cawang (pada 2017)," kata Krisno saat dihubungi detikcom, Kamis (24/9/2020).

Krisno menuturkan, kaburnya Cai dari lapas kali ini merupakan yang kedua kali. Dikatakan Krisno, Cai pernah kabur dari Rutan Narkoba Polri dengan cara membobol tembok.

"Iya kali kedua (Cai Changpan kabur). Memang dia itu dikenal lincah, badannya kecil. Dulu waktu di Rutan Cawang dia kabur bobol tembok sekarang dari lubang," tuturnya.

Krisno menyampaikan, pada saat Cai membobol tembok, teman-teman satu sel tahanannya juga ikut kabur. Hanya saja, Krisno tidak menjelaskan secara detail soal pelarian Cai itu.

"Dia bobol tembok, juga ikut kabur teman-temannya satu sel. Saya kurang tahu persisnya karena saat kejadian (kabur dari Rutan Cawang) itu saya masih tugas di Semarang," ungkapnya.

Untuk diketahui, Cai kabur dari Lapas Kelas I Tangerang dengan menggali lubang di selnya. Galiannya itu tembus hingga dinding samping Lapas.

Dari hasil penyelidikan, ada beberapa barang yang ditemukan di dalam sel Cai. Barang tersebut di antaranya obeng dan besi.

Peristiwa kaburnya Cai terjadi pada Senin (14/9) pagi. Kalapas Kelas I Tangerang, Jumadi memastikan ada lubang di dalam kamar sel Cai. Setelah ditelusuri, lubang itu terhubung ke bagian luar Lapas.

(mei/mei)