Ini Sebaran Hotel Tempat Isolasi Mandiri Pasien OTG di Beberapa Provinsi

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 24 Sep 2020 18:26 WIB
Juru bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito (YouTube Setpres)
Juru bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito (YouTube Setpres)
Jakarta -

Pemerintah akan menyiapkan hotel bintang 2 dan 3 di berbagai provinsi sebagai tempat isolasi mandiri pasien positif COVID-19 yang tanpa gejala (OTG). Pemerintah mengungkap sebaran hotel di beberapa provinsi prioritas.

"Satgas dengan dipimpin dua minggu terakhir ini oleh Bapak Luhut bersama dengan Bapak Doni sebagai Ketua Satgas telah mengidentifikasi dan bekerja sama dengan PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) untuk mendata hotel-hotel bintang 2 dan bintang 3 di 9 hotel prioritas," kata juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers, yang disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (24/9/2020).

Berdasarkan data hingga 22 September, pemerintah mengidentifikasi beberapa hotel untuk kepentingan isolasi mandiri pasien positif COVID-19 di 9 provinsi. Berikut ini datanya:

1. Sumatera Utara ada 6 hotel dengan jumlah kamar 449
2. Jawa Barat ada 17 hotel dengan jumlah kamar ada 949
3. DKI Jakarta ada 31 hotel dengan jumlah kamar 4.116
4. Jawa Timur ada 16 hotel dengan jumlah kamar 2.160
5. Bali ada 10 hotel dengan jumlah kamar ada 1.559
6. Kalimantan Selatan ada 13 hotel dengan jumlah kamar 992
7. Papua ada 13 hotel dengan jumlah kamar 1.797

Wiku mengungkap jumlah hotel dan kamar tersebut dapat bertambah sesuai dengan kebutuhan. Wiku berharap jumlah hotel tersebut dapat mendukung kegiatan isolasi mandiri pasien OTG agar tidak menulari orang lain.

"Jadi hotel dan jumlah kamar cukup memadai untuk kepentingan mendukung isolasi mandiri dan ini atas kerja sama pemerintah pusat dengan PHRI dan pemerintah daerah sehingga masyarakat yang memerlukan isolasi mandiri dapat tertangani dengan baik di fasilitas tersebut," ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah akan menyiapkan hotel berbintang di berbagai provinsi di daerah sebagai tempat untuk isolasi mandiri sejumlah pasien COVID-19 tanpa gejala. Pemerintah akan membiayai biaya isolasi mandiri di hotel tersebut.

"Beberapa daerah ada yang membuka ruang isolasi mandiri dengan memanfaatkan sarana fasilitas umum antara lain gelanggang olahraga, pemerintah dalam hal ini adalah Bapak Kementerian Perekonomian bersama dengan Ibu Menteri Keuangan atas arahan dari Bapak Presiden untuk menyiapkan hotel bintang 2 dan bintang 3 bagi warga masyarakat yang sudah terkonfirmasi positif tetapi tanpa gejala untuk bisa diterima dan biaya untuk penerima masyarakat tersebut, itu akan dijamin oleh pemerintah," kata Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube BNPB Indonesia, Sabtu (12/9).

(yld/dhn)