Sempat Tutup karena Ada Pedagang Kena Corona, Pasar Slipi Buka Lagi Besok

Mei Amelia R - detikNews
Kamis, 24 Sep 2020 17:33 WIB
Poster
Ilustrasi klaster Corona di Pasar. (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Pasar Slipi di Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, ditutup selama 3 hari hingga hari ini. Penutupan pasar dilakukan menyusul adanya satu orang pedagang yang terkonfirmasi positif Corona.

"Iya betul, (tutup) dari tanggal 22 September sampai hari ini. Besok buka lagi," kata Lurah Kemanggisan Firmansyah saat dihubungi detikcom, Kamis (24/9/2020).

Firmansyah mengatakan, selama penutupan itu, dilakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area Pasar Slipi. Aktivitas di Pasar Slipi akan dibuka kembali pada Jumat (25/9) besok.

"Tetapi untuk pedagang di toko obat itu masih ditutup, karena (pedagangnya) masih di RS Tarakan," katanya.

Keluarga dan karyawan pedagang tersebut juga telah dites swab. Namun hasilnya belum diketahui.

"Karyawan dan keluarganya di-swab, tetapi hasilnya saya belum tahu. Karena baru Senin kemarin tesnya. Untuk tokonya sendiri masih tutup besok," katanya.

Dihubungi secara terpisah, Kepala Pasar Slipi Ahmad Subhan menjelaskan pedagang di toko obat itu diketahui positif Corona pada Minggu (20/9) lalu. Sejak saat itu, toko tersebut telah ditutup.

"Itu ada salah satu pemilik kios toko obat, nah itu test di rumah sakit, itu waktu hari Kamis (17/9) dites swab dan hasilnya keluar pada Minggu (20/9), positif," kata Subhan.

Pihaknya sendiri baru menutup pasar pada Rabu (22/9), karena pihaknya saat itu masih berkoordinasi dengan pihak Puskesmas dan Damkar serta pedagang lainnya terkait penyemprotan disinfektan.

"(Baru ditutup tanggal 22 September) karena kita pengen memastikan kepada pihak Puskesmas, saya harus koordinasi untuk penyemprotan ke Damkar dan pedagang juga jangan sampai kaget ditutup," tuturnya.

Namun Subhan memastikan, sejak dikonfirmasi positif Corona, pedagang tersebut tidak pernah ke pasar. Tokonya ditutup sejak diketahui positif Corona.

"Kiosnya juga sudah tutup dari seminggu yang lalu," tandasnya.

Rekor! Kasus Corona RI Tambah 4.634, Total 262.022:

[Gambas:Video 20detik]



(mei/fjp)