Tiga Tahanan Polresta Batam Terkonfirmasi Positif COVID-19

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Kamis, 24 Sep 2020 14:42 WIB
Tahanan tersngaka di borgol. rachman Haryanto/ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi (Rachman Haryanto/detikcom)
Batam -

Tiga orang tahanan di Polresta Batam, Kepulauan Riau (Kepri), terkonfirmasi positif virus Corona (COVID-19). Kini ketiganya ditangani Satgas COVID-19 untuk menjalani isolasi di rumah sakit.

"Iya benar, ada tiga orang tahanan di Polresta Batam yang terkena COVID-19 beberapa hari lalu. Kita langsung berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 untuk langsung dilakukan penanganan. Kini ketiganya sudah dilakukan isolasi," kata Kabid Humas Polda Kepri Kombes Harry Goldenhardt kepada detikcom, Kamis (24/9/2020).

Harry menjelaskan, walau ada tiga orang tahanan yang terkonfirmasi virus Corona, hal itu tidak sampai menyebar ke tahanan lainnya. Pihaknya langsung mengambil langkah cepat untuk melakukan penanganan pemeriksaan swab terhadap tahanan tersebut.

"Kita langsung bergerak cepat untuk melakukan pemeriksaan swab bersama Satgas COVID-19. Ini sebagai antisipasi agar tidak sampai menyebar ke tahanan lainnya," ujar Harry.

Sebagai antisipasi pencegahan penyebaran COVID-19, kata Harry, sejak awal pihaknya sudah memberlakukan kunjungan keluarga dengan cara virtual, sehingga tidak ada interaksi langsung antara tahanan dan pihak keluarga yang membesuk.

"Sejak awal kita memberlakukan bagi keluarga yang ingin membesuk hanya dilakukan secara virtual. Ini salah satu antisipasi kita dalam pencegahan COVID-19. Ini berlaku seluruh jajaran Polda Kepri," kata Harry.

Adanya tiga tahanan yang terkonfirmasi virus Corona, kini pengiriman makanan dari keluarga juga diperketat. Bungkus makanan yang akan dititipkan untuk tahanan harus disterilisasi untuk antisipasi penyebaran virus Corona.

"Untuk saat ini, baru tahanan di Polresta Batam yang terkonfirmasi COVID-19, selebihnya belum kita temukan," tutup Harry.

(cha/rfs)