Api Telah Padam, Begini Kondisi Pasar Cempaka Putih Jakpus Usai Kebakaran

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Kamis, 24 Sep 2020 12:53 WIB
Kebakaran di Pasar Cempaka Putih, Jakarta Pusat telah padam.
Kondisi Pasar Cempaka Putih Jakpus usai terbakar (Foto: Sachril/detikcom)
Jakarta -

Petugas pemadam kebakaran (damkar) telah berhasil memadamkan api pada kebakaran di Pasar Cempaka Putih, Jakarta Pusat (Jakpus). Saat ini, petugas sedang melakukan pendinginan.

Pantauan detikcom, Kamis (24/9/2020) sekitar pukul 11.52 WIB, api di Pasar Cempaka Putih telah padam. Puluhan petugas damkar masih di sekitar pasar untuk melakukan proses pendinginan. Mobil damkar masih disiagakan di sekitar pasar.

Pendinginan dilakukan di pinggir dan dalam pasar dengan menyemprotkan air ke tiap ruko dan puing-puing. Asap pun masih mengepul tinggi.

Seluruh genteng Pasar Cempaka Putih ambruk dan jatuh ke dalam ruko dan lantai. Puing-puing pun berserakan di pinggir dan dalam pasar.

Ada kayu-kayu, pecahan genteng, kardus-kardus, gas elpiji, dan barang dagangan lainnya yang terbakar. Semua barang yang terbakar tampak hangus dan menjadi arang.

Sementara itu, tampak beberapa pedagang berada di dalam pasar. Mereka mencoba mencari barang yang bisa diselamatkan. Beberapa warga sekitar ada yang mencoba masuk ke dalam pasar untuk melihat proses pendinginan yang dilakukan damkar.

Tampak pula barang dagangan yang dievakuasi pedagang ke luar pasar. Ada beras, mesin parut kelapa, telur, gelas plastik, sayuran, timbangan, dan barang dagangan lainnya.

Barang dagangan ini ditaruh di sisi luar pasar. Beberapa orang pun ada yang ke ruko untuk mengambil barang-barang yang bisa diselamatkan.

Beberapa petugas damkar terlihat beristirahat. Satpol PP, polisi, dan TNI ada di sekitar lokasi untuk melakukan penjagaan.

Sebelumnya, kebakaran terjadi di Pasar Cempaka Putih, Jakarta Pusat (Jakpus). Diduga, kebakaran terjadi karena korsleting.

"Nanti masih kita selidiki (penyebab kebakaran di Pasar Cempaka Putih), kemungkinan dari korsleting listrik," kata Kasudin Gulkarmat Jakarta Pusat, Asril Rizal, di Pasar Cempaka Putih, Jakpus, Kamis (24/9/2020).

(lir/lir)